Home » , , , , , , , , , , » Khasiat dan Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah Rambutan termasuk buah yang sangat populer di Indonesia. Tidak mengherankan memang karena buah ini asalnya dari Indonesia. Buah yang memiliki bentuk yang unik dengan kulit buahnya yang memiliki rambut. Itulah sebabnya buah ini dinamakan dengan buah rambutan.

Rambutan termasuk buah musiman. Biasanya dalam satu pohon menghasilkan sangat banyak buah rambutan ketika masuk musimnya. Pohon rambutan dapat tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis. Buahnya berwarna hijau ketika masih muda dan menjadi merah ketika kondisinya telah matang.

Buah Rambutan
Buah Rambutan
  
Buah yang memiliki nama latin Nephelium Lappaceum ini memiliki rasa yang bervariasi. Rasa asam, manis dan juga kecut. Daging buah rambutan berwarna putih bening terdapat biji didalamnya. Buah rambutan sangat nikmat dikonsumsi secara langsung karena efek menyegarkannya bisa langsung terasa. Buah ini juga biasa dibuat berbagai macam olahan seperti jus, campuran kue dan lain sebagainya.

Buah rambutan disebut buah paling eksotis dan para ahli menyebutnya dengan buah super karena banyaknya khasiat dan manfaat dari mengkonsumsi buah rambutan. Di Indonesia dan Malaysia khususnya buah rambutan digunakan sebagai obat tradisional yang digunakan secara turun temurun dari berbagai generasi karena khasiatnya dapat menambah energi dan mencegah kembung pada perut.

Kandungan istimewa dari buah rambutan yang terdiri dari karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, niacin, potasium, zat besi, magnesium dan mineral lainnya sangat efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk lebih lengkapnya mengenai khasiat dan manfaat buah rambutan untuk kesehatan dan kecantikan yang dikutip dari berbagai sumber, bisa disimak uraian dibawah ini :

Manfaat Buah Rambutan untuk Kecantikan

  • Membuat Kulit Lebih Cantik
Rambutan berkhasiat membantu mencegah hidrasi kulit. Hal ini terjadi karena kandungan air yang tinggi pada buah rambutan dapat mencegah hidrasi kulit sehingga kulit menjadi lebih halus, lembut dan tampak bercahaya.


  • Menjaga Kesehatan Rambut
Tidak hanya buahnya yang kaya manfaat dan khasiat, daun rambutan juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk menyehatkan rambut. Daun rambutan dapat menghidupkan kembali pigmen rambut yang mati sehingga dapat menunda timbulnya uban pada rambut.

Selain itu daun rambutan juga bisa dipakai untuk menghitamkan rambut dengan cara ambil beberapa helai daun rambutan lalu tumbuk sampai halus kemudian beri sedikit air selanjutnya peras. Hasil perasannya usapkan pada rambut dan lakukan sehabis mandi secara teratur.

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

  • Berkhasiat Mencegah Kanker
Buah rambutan mengandung komponen komponen anti-oksidan yang dapat mencegah timbulnya penyakit kanker. Penelitian yang dilakukan Universitas Kebangsaan Malaysia tentang "Antioxidant and Antiproliferative Activities of Non-Edible Parts of Selected Tropical Fruits" menemukan bahwa buah rambutan dapat efektif melawan kanker.


  • Meningkatkan Kualitas Sperma
Kandungan vitamin C pada buah rambutan, sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan kualitas sperma. Kekurangan vitamin C khususnya pada laki laki dapat berakibat menurunkan kemampuan reproduksi. Jadi untuk menghindari hal tersebut mengkonsumsi buah rambutan bisa menjadi solusi alternatif yang tepat.


  • Berkhasiat Mengobati Diabetes
Biji Buah Rambutan mempunyai khasiatnya tersendiri. Apabila biji buah rambutan ditelan dapat meringankan rasa sakit pada penderita diabetes terutama bagi penderita diabetes mellitus.


  • Membantu Proses Detoksifikasi
Khasiat luar biasa lainnya dari buah rambutan adalah dapat membantu proses detoksifikasi atau proses menghilangkan racun racun pada tubuh. Seperti yang telah kita ketahui ginjal merupakan organ penting dalam proses detoksifikasi. Kandungan fosfor pada buah rambutan berkhasiat membantu menetralkan racun dan menyempurnakan kinerja ginjal, Sehingga semua racun di dalam tubuh bisa dinetralisir.


  • Mencegah Radikal Bebas
Salah satu kandungan senyawa yang ada dalam buah rambutan adalah asam galia. Asam galia berfungsi sebagai predator radikal bebas di dalam tubuh, sehingga bisa melindungi tubuh dari kerusakan akibat oksidasi.


  • Berkhasiat Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Mencegah Penyakit
Vitamin C yang terkandung pada buah rambutan dapat membantu memperkuat mekanisme pertahanan tubuh dari berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Selain itu vitamin C dapat berfungsi sebagai anti-oksidan yang berkhasiat mencegah kerusakan sel sel didalam tubuh. Vitamin C juga membantu penyerapan mineral penting untuk tubuh seperti zat besi dan tembaga.


  • Membantu Menguatkan Tulang  
Kandungan zat besi, fosfor dan kalsium yang tinggi pada buah rambutan dapat membantu memperkuat tulang. Senyawa senyawa tersebut sangat penting fungsinya untuk mencegah berbagai macam penyakit tulang. Selain itu rambutan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para wanita karena kandungan zat besinya yang tinggi. 

  • Anti-Inflamasi
Kandungan flavonoid pada rambutan termasuk senyawa anti-inflamasi yang berkhasiat mencegah berbagai macam peradangan seperti contohnya radang sendi, radang paru-paru dan radang tenggorokan.


  • Regenerasi Sel Darah Merah dan Sel Darah Putih
Kandungan Tembaga pada rambutan merupakan elemen penting dalam pembentukan sel sel darah merah dan sel sel darah putih. Selain itu kandungan mangan pada rambutan juga diperlukan untuk mengaktifkan dan memproduksi enzim di dalam tubuh.

  • Berkhasiat Mengobati Disentri
Kulit buah rambutan dapat digunakan untuk pengobatan disentri. Selain itu kulit rambutan juga bisa dipakai untuk pengobatan demam pada penderita dengan cara mengkombinasikannya dengan ramuan lainnya.


  • Membantu Menurunkan Berat Badan
Kandungan kalori yang rendah pada rambutan sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan dan selain itu tingginya kandungan serat pada buah rambutan (2 gram per 100 gram) sangat baik bagi yang menjalankan program penurunan berat badan.


  • Mencegah Anemia dan Membantu dalam Masa Kehamilan
Tingginya kandungan zat besi pada rambutan dapat mencegah anemia. Khususnya pada ibu hamil, untuk menjaga dari penyakit anemia yang sering diderita oleh ibu hamil disarankan mengkonsumsi buah rambutan untuk mencegahnya dan sekaligus mendapatkan asupan zat besi yang penting selama masa kehamilan.

  • Mengobati Penyakit-Penyakit Umum Lainnya
Buah rambutan juga berkhasiat mengobati penyakit penyakit yang sering diderita semacam sakit kepala, sariawan dan lain sebagainya. Untuk meringankan dan mengobati sakit kepala gunakan daun rambutan yang ditumbuk dan kemudian kompreskan pada dahi, kandungan nutrisi pada daun rambutan bisa berkhasiat menenangkan saraf yang berhubungan dengan bagian yang sakit pada kepala tersebut.  

baca juga : Khasiat Jeruk Nipis untuk Menyembuhkan Vertigo

Itulah manfaat dan khasiat buah rambutan untuk kesehatan dan kecantikan yang luar biasa, semoga menjadi informasi yang bermanfaat dalam menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.  

0 komentar:

Post a Comment