Home » , , , , , , , , » Khasiat dan Manfaat Mengkonsumsi Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Mengkonsumsi Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat. Alpukat atau nama dalam bahasa inggrisnya avocado merupakan nama buah yang sudah tidak asing lagi. Buah dengan bentuk bulat memanjang dengan warna kulit buahnya hijau tua hingga unggu kecoklatan serta daging buahnya berwarna hijau muda dan memiliki biji tunggal.

alpukat
Buah Alpukat

Buah yang mempunyai nama latin Persea Americana ini mempunyai daging buah yang lembut dan beraroma. Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Hal itu tidak terlepas dari berbagai macam kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang penting untuk dapat membuat tubuh tetap sehat.

Diantara kandungan nutrisi yang ada dalam buah alpukat ini adalah Karbohidrat, serat, lemak tak jenuh, protein dan masih banyak lagi. Kandungan kandungan tersebut mempunyai berbagai macam khasiat yang penting untuk tubuh, berikut khasiat dan manfaat yang dimiliki oleh buah alpukat yang dikutip dari livescience, diantaranya adalah :

·         Menyehatkan Jantung

Menurut Anne Mauney, seorang ahli gizi asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa buah alpukat mempunyai kandungan lemak monounsaturated (lemak tak jenuh tunggal) dan lemak poliunsaturated (lemak tak jenuh jamak) yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Kandungan vitamin B6 dan asam folat pada buah alpukat mempunyai manfaat dapat mengatur kadar homosistein yang banyak dikaitkan juga sebagai penyebab penyakit jantung didalam tubuh.

Suatu hasil penelitian yang diterbitkan di Nutrition Journal pada tahun 2013 menyebutkan bahwa buah alpukat mempunyai khasiat dapat menurunkan resiko sindrom metabolik yang mengacu pada gejala yang dapat meningkatkan resiko stroke, koroner dan diabetes.


·         Mencegah Penyakit Kanker

Menurut Laura Flores, seorang ahli gizi asal San Diego Amerika mengatakan bahwa buah alpukat telah terbukti mampu mengurangi resiko terkenanya penyakit kanker tertentu seperti kanker mulut, kanker prostat dan kanker kulit. Hal itu terjadi karena kombinasi anti-oksidan dan anti-inflamasi pada buah alpukat mampu mencegah berubahnya sel sel baik didalam tubuh menjadi sel sel kanker yang berbahaya akibat radikal bebas.

Selain itu menurut penelitian pada tahun 2007 yang diterbitkan di journal Seminars in Cancer Biology menemukan bahwa fitokimia yang terkandung didalam buah alpukat mampu mendorong sel sel kanker yang ada di dalam tubuh berhenti tumbuh dan kemudian mati.


·         Mengontrol Gula Darah

Menurut Readers Digest, kandungan yang tinggi lemak tak jenuh (monounsaturated) pada buah alpukat mempunyai khasiat membantu menghentikan resistensi insulin sehingga kadar gula dalam darah tetap stabil dan mencegah terkena resiko diabetes.

Selain itu, adanya kandungan serat larut, rendahnya karbohidrat dan kadar gula pada alpukat juga membantu menstabilkan kadar gula dalam darah.


·         Mengontrol Tekanan Darah

Buah alpukat mengandung kalium yang tinggi sehingga mempunyai khasiat dapat membantu mengontrol tekanan darah tetap stabil sehingga terhindar dari penyakit hipertensi atau darah tinggi.

The American Heart Association menyebutkan bahwa kalium dapat membantu mengatur efek garam yang dapat mengakibatkan meningkatnya tekanan darah didalam tubuh.


·         Anti-Inflamasi

Laura Flores menyebutkan bahwa buah alpukat mempunyai sifat anti-inflamasi yang besar karena mengandung pitosterol, karotenoid, omega-3 dan asam polyhydroxy sehingga dapat mencegah peradangan kronis pada sendi (rheumatoid arthritis) dan osteoarthritis.


·         Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Buah alpukat tidak hanya menaikan kadar kolesterol baik tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh. Menurut hasil penelitian pada tahun 1996 yang diterbitkan pada the journal Archives of Medical Research menemukan bahwa pasien dengan kondisi hiperkolesterolemia (tingginya kadar kolesterol dalam darah) yang mengkonsumsi alpukat dalam waktu seminggu secara teratur mengalami penurunan 22% kolesterol jahat dan trigliserida serta menaikan kadar kolesterol baik 11% lebih banyak dari sebelumnya.

Hal tersebut terjadi karena buah alpukat mengandung senyawa beta sitosterol yang tinggi yang berkhasiat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.


·         Menyehatkan Penglihatan

Buah alpukat mempunyai kandungan lutein yang merupakan senyawa katotenoid yang mempunyai khasiat mengurangi resiko degenerasi makula dan katarak.


·         Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan asam folat pada alpukat yang sangat penting selama masa kehamilan. Asam folat sangat efektif mencegah cacat pada bayi seperti cacat tabung saraf dan spina bifida (kelainan tulang belakang pada bayi).


·         Menyegatkan Pencernaan

Kandungan serat pada buah alpukat erat kaitannya untuk mengatasi masalah pada saluran pencernaan, sehingga mengkonsumsi alpukat yang kaya akan serat dapat terhindar dari penyakit yang mengganggu saluran pencernaan seperti sembelit.


·         Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E pada buah alpukat membantu menjaga kulit tetap sehat, bercahaya dan kencang. Selain itu krim alpukat juga berkhasiat mengobati psoriasis yang merupakan penyakit kronis yang menyerang kulit.


Demikianlah beberapa khasiat dan manfaat buah alpukat yang hebat untuk kesehatan dan kecantikan, semoga menjadi informasi yang berguna untuk menjalani hidup sehat sehari-hari dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment