Home » , , , , , , , » Buah Apel Manfaat dan Khasiatnya untuk Tubuh

Buah Apel Manfaat dan Khasiatnya untuk Tubuh

Siapa yang tidak mengenal buah apel? buah eksotis ini banyak digemari dan dikonsumsi semua orang. Buah yang pada umumnya berwarna merah atau hijau dan meskipun ada yang berwarna kuning jika matang ini sudah terkenal akan khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Buah apel dipercaya berasal dari kawasan Asia Tengah dan memiliki nama latin Malus Domestica. Buah apel sangat nikmat dimakan langsung ketika sudah matang dengan rasanya yang manis menyegarkan. Selain itu buah ini juga banyak diolah menjadi berbagai makanan dan minuman yang tak kalah pula nikmatnya.

buah apel
Buah Apel

Buah apel memiliki kandungan vitamin dan mineral yang beraneka ragam yang tentunya sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi penting pada buah apel diantaranya adalah polifenol, vitamin C dan flavonoid yang dapat berfungsi sebagai anti-oksidan, vitamin A atau betakaroten, tiamin, piridoksin, riboflavin dan lain sebagainya.
  
Selain banyak digemari, buah apel juga terkenal akan khasiat dan manfaatnya untuk tubuh seperti membantu menurunkan berat badan, mencegah alzheimer, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi khasiat dari buah apel. Selengkapnya uraian tentang manfaat dan khasiat dari buah apel untuk kesehatan yang dikutip dari berbagai sumber, diantaranya adalah :

  • Mencegah Penyakit Alzheimer
Buah apel memiliki kandungan quercetin yang merupakan senyawa anti-oksidan yang sangat kuat yang dapat melindungi sel sel otak dari degenerasi. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ramani Soundararajan dari Dalhousie Medical School dan Dr. Vasantha Rupasinghe dari Nova Scotia Agricultural College menemukan bahwa kandungan flavonoid pada apel merah memiliki efek yang baik untuk saraf. Hal hal tersebut sangat efektif untuk pencegahan penyakit alzheimer.


  • Menurunkan Kadar Kolesterol
Sama seperti halnya buah salak, apel juga memiliki kandungan pektin yang tinggi. Pektin merupakan serat larut yang dapat mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh dengan cara mengikat lemak dalam usus. Selain itu, pektin mencegah kolesterol dengan cara melindungi lapisan dinding pembuluh darah sehingga hal tersebut bisa mengurangi resiko aterosklerosis dan gangguan pada jantung.


  • Mencegah Penyakit Jantung
Penelitian yang dilakukan di Universitas California menemukan bahwa buah apel dan jus apel dapat membantu memperlambat proses oksidasi yang dapat mengakibatkan penumpukan plak yang menghambat aliran darah ke jantung. Apabila penumpukan plak terjadi di dalam arteri maka aliran darah ke jantung akan berkurang sehingga menyebabkan penyakit jantung koroner. Pektin pada buah apel yang merupakan serat larut dapat membantu membersihkan timbunan plak tersebut.


  • Mencegah Hipertensi
Kandungan kalium yang tinggi pada buah apel berkhasiat membantu mengontrol tekanan darah tetap sehat. Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan di Nova Scotia Agricultural College kanada menemukan bahwa kandungan flavonoid pada ekstrak kulit buah apel memiliki potensi untuk menghambat ACE yang merupakan enzim penyebab hipertensi. Jadi untuk mendapatkan khasiat maksimal dari buah apel konsumsi juga kulit buahnya.


  • Mencegah Kanker
Kulit buah apel memang memberikan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh. Selain memiliki kandungan flavonoid yang tinggi, kulit buah apel juga mempunyai kandungan senyawa triterpenoid. Menurut penelitian yang dilakukan di Cornell University menemukan bahwa senyawa triterpenoid dapat menghambat sel sel kanker seperti kanker lever, kanker payudara dan kanker colon (kanker usus).


  • Mengurangi Gangguan Pernapasan
Penelitian yang dilakukan di Aberdeen University menemukan bahwa ketika anak anak penderita asma mengkonsumsi buah apel secara teratur saluran pernapasannya menjadi lega. Menurut Dr. Peter Burney yang memimpin penelitian tersebut menyebutkan bahwa kandungan phytochemicals pada apel seperti halnya flavonoid dan asam fenolat, dapat berkhasiat melegakan saluran pernapasan.


  • Memperkuat Tulang
Kandungan senyawa phloridzin yang termasuk dalam senyawa flavonoid dan juga hanya ditemukan pada buah apel dapat melindungi wanita pasca monopouse dari penyakit osteoporosis. Selain itu apel mempunyai kandungan boron yang berfungsi untuk memperkuat tulang didalam tubuh.


  • Membantu Proses Detoksifikasi
Proses detoksifikasi merupakan proses pengeluaran racun didalam tubuh. Apel dengan kandungan anti-oksidannya yang tinggi dapat membantu hati dalam proses mengeluarkan racun racun yang ada didalam tubuh.


  • Berkhasiat Menyehatkan Saluran Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi ditambah dengan kandungan vitamin dan mineral yang dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh membuat apel sangat berkhasiat untuk menyehatkan saluran pencernaan. Dengan begitu bisa mencegah resiko terjadinya gangguan pada pencernaan seperti sembelit, diare dan wasir.


  • Mengontrol Kadar Gula Darah
Pektin yang terkandung di dalam buah apel mempunyai kandungan galacturonic acid yang fungsinya menurunkan kinerja tubuh untuk melepaskan hormon insulin. Selain itu apel juga termasuk ke dalam makanan indeks glikemik rendah yang sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes.


  • Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat buah apel dalam membantu menurunkan berat badan sudah terkenal dimana mana. Kandungan serat yang tinggi pada buah apel dapat membuat rasa kenyang pada perut lebih lama. Selain itu tidak adanya kandungan lemak pada apel sangat baik bagi yang sedang menjalankan program diet.


Buah apel juga terkenal akan cukanya. Cuka apel dapat berkhasiat untuk menyembuhkan hipertensi dan penyakit-penyakit berat lainnya.

Itulah khasiat dan manfaat buah apel untuk kesehatan, semoga menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.   

0 komentar:

Post a Comment