Home » , , , , , , , » Khasiat dan Manfaat Lengkap Buah Srikaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Lengkap Buah Srikaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Srikaya merupakan nama buah khas yang berbentuk bulat, bentuk kulitnya bermata banyak berwarna hijau dengan daging buahnya berwarna putih dan mempunyai rasa manis lembek ketika matang. Tanaman srikaya tumbuh baik didaerah beriklim tropis. 

Buah srikaya termasuk buah yang gampang ditemui. Banyak peminatnya sehingga memiliki harga jual di masyarakat. Buah yang memiliki nama latin Annona Squamosa ini memiliki nama berbeda pada tiap daerah seperti di luar negeri dikenal dengan nama sugar apple, custard apple dan sitaphal di India, sedangkan di beberapa daerah di Indonesia terkenal dengan nama sarikaya atau srikaya.

buah srikaya
Buah Srikaya

Buah yang memiliki bentuk yang khas ini sangat kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Menurut dr Sudhakar Kukate, seorang ahli nutrisi asal india menyebutkan bahwa buah srikaya merupakan buah yang kaya akan kandungan serat, Vitamin A, Vitamin C, anti-oksidan, kalium, vitamin B6, tembaga dan rendah kadar lemak. Selain itu srikaya juga merupakan sumber zat besi.

Dengan melimpahnya kandungan nutrisi dan mineral pada buah srikaya dapat dipastikan buah tersebut memiliki berbagai macam khasiat dan manfaat yang baik untuk penunjang kesehatan tubuh. Untuk lebih lengkapnya mengenai khasiat dan manfaat buah srikaya untuk kesehatan dan kecantikan yang dikutip dari stylecraze dapat disimak pada uraian dibawah ini :

  • Kesehatan Kulit dan Rambut
Kandungan vitamin A yang tinggi pada srikaya sangat berkhasiat untuk kesehatan kulit, membuat rambut sehat dan membuat penglihatan lebih baik. Selain itu vitamin A juga sangat baik untuk kelembaban kulit dan anti-penuaan dini. Daging buah srikaya juga dapat digunakan untuk mengobati bisul dan borok. Sedangkan kulit luar buah srikaya dapat berkhasiat mencegah kerusakan gigi dan sakit pada gusi.

     
  • Menambah Berat Badan
Buah srikaya sangat baik untuk yang ingin berat badannya naik. Konsumsi buah srikaya dengan dicampur madu secara teratur akan membantu menaikan berat badan yang diperlukan dengan cara yang sehat tentunya.

  • Berkhasiat untuk Ibu Hamil
Buah srikaya dapat membantu mengembangkan otak, sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh pada janin secara efektif di dalam kandungan. Mengkonsumsi secara teratur buah srikaya dapat mengurangi resiko keguguran selama kehamilan dan meminimalkan tingkat nyeri pada saat persalinan. Srikaya juga membantu ibu hamil untuk mengatasi morning sickness, melawan mual, mati rasa dan perubahan suasana hati. Selain itu dengan mengkonsumsi secara teratur buah srikaya selama kehamilan sangat baik untuk produksi ASI.


  • Berkhasiat Mencegah Asma
Buah Srikaya kaya akan kandungan vitamin B6 yang berkhasiat membantu mengurangi peradangan bronkial dan membantu mencegah penyakit asma.

  • Berkhasiat Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan magnesium pada srikaya dapat membantu mengendurkan otot otot jantung sehingga dapat membantu mempertahankan jantung dari serangan jantung. Selain itu kandungan vitamin B6 yang dimiliki buah srikaya dapat membantu mencegah meningginya tingkatan homocysteine yang mengakibatkan pengerasan dan penyempitan arteri dalam darah.


  • Berkhasiat Mengobati Pencernaan
Kandungan tembaga dan serat makanan pada buah srikaya yang tinggi dapat berkhasiat membantu pencernaan yang kurang sehat, memudahkan buang air besar dan mencegah sembelit. Keringkan daging buah srikaya dan tumbuk sampai halus lalu campur dengan air kemudian diminum maka dapat berkhasiat menyembuhkan diare pada penderita.


  • Berkhasiat untuk Penderita Diabetes
Serat makanan yang tinggi pada srikaya dapat berkhasiat membantu memperlambat penyerapan gula dan mengurangi resiko perkembangan penyakit diabetes.


  • Berkhasiat Mengontrol Tekanan Darah
Buah srikaya merupakan sumber dari magnesium dan potasium yang berkhasiat membantu dan menjaga tingkatan darah didalam tubuh tetap terkontrol.


  • Berkhasiat Mengurangi Kolesterol
Kandungan niasin dan serat pada srikaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh secara efektif.


  • Berkhasiat Mengobati Anemia
Buah srikaya berfungsi sebagai stimulan, pendingin, hematinik dan ekspektoran. Selain itu kandungan zat besi yang tinggi sangat berkhasiat untuk mengobati anemia.


Nah itulah khasiat dan manfaat buah srikaya untuk kesehatan dan kecantikan semoga bisa menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.  

0 komentar:

Post a Comment