Home » , , , , , , , » Khasiat dan Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Buah Melon. Satu lagi buah yang cukup populer dan digemari oleh semua kalangan yaitu buah melon. Buah yang berbentuk bulat dengan tekstur kasar pada kulitnya dan mempunyai daging buah yang lunak berwarna putih ini dipercaya mempunyai khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

melon
Buah Melon

 Mungkin belum banyak yang mengetahui khasiat dan manfaat yang didapatkan dari buah melon, tetapi khasiat buah melon yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk membantu mencegah penyakit yang berbahaya seperti jantung dan kanker.

Hal itu terjadi karena melon mempunyai kandungan anti-oksidan yang tinggi seperti vitamin A, vitamin C, karotenoid dan lain sebagainya. Selain kandungan anti-oksidannya yang tinggi, buah melon juga mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi, vitamin dan mineral lainnya yang fungsinya juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Berikut manfaat dan khasiat lengkap buah melon yang sangat baik efeknya untuk kesehatan, diantaranya adalah :

·         Mencegah Penyakit Jantung

Buah melon mengandung suatu senyawa yang bernama adenosine. Adenosin merupakan senyawa yang mampu mencegah dan menghentikan terjadinya penggumpalan darah sehingga aliran darah ke jantung dan otak menjadi lancar.

Dengan aliran darah menjadi lancer maka dapat terhindar dari resiko penyakit jantung dan stroke.


·         Mencegah Kanker

Seperti telah disampaikan sebelumnya bahwa buah melon mempunyai kandungan anti-oksidan yang tinggi. Kandungan flavonoid yang tinggi diantaranya karotenoid, lutein, zeaxanthin dan cryptoxanthin pada buah melon merupakan salah satu anti-oksidan penting yang mempunyai khasiat mencegah radikal bebas yang dapat mengubah sel sel baik di dalam tubuh menjadi sel sel kanker yang berbahaya.

Dengan mengkonsumsi melon secara teratur dapat efektif memberikan perlindungan, mencegah dan membunuh bibit-bibit kanker yang ada didalam tubuh.


·         Membantu Menyehatkan Ginjal

Seperti halnya buah mangga, semangka dan nanas, buah melon juga mempunyai sifat diuretik alami (meningkatkan produksi urin/kencing) sehingga dapat menyehatkan ginjal. Selain itu kombinasi buah melon dengan lemon mempunyai khasiat menyembuhkan asam urat.


·         Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan air yang tinggi pada buah melon dapat membantu melancarkan buang air besar. Buah ini memiliki kadar air 90% sehingga sangat baik untuk pencernaan.


·         Mencegah Penyakit Stroke

Buah melon memiliki kandungan kalium yang sangat baik efeknya untuk kesehatan. Didalam 100 gram buah melon terdapat 267 mg kalium. Kalium sendiri mempunyai manfaat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah tetap normal sehingga dapat mengurangi resiko penyakit stroke dan jantung.


·         Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah melon sangat ideal untuk membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut karena melon mempunyai kandungan sodium, kalori dan lemak yang rendah serta bebas kolesterol. Kandungan air yang tinggi pada melon juga mempunyai efek dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama.


Buah melon tidak hanya mempunyai khasiat dan manfaat yang efektif untuk kesehatan saja, tetapi buah ini juga mempunyai khasiat dan manfaat untuk kecantikan, khususnya kecantikan kulit, diantaranya adalah :

·         Menyehatkan Kulit

Buah melon mempunyai kandungan kolagen. Kolagen mempunyai khasiat dapat mempertahankan integritas struktur sel pada semua jaringan ikat termasuk kulit. Hal ini juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan mengencangkan kulit.

Selain itu juga kandungan vitamin A, B dan C pada melon memberikan manfaat mencegah penuaan dini seperti keriput dan memberikan efek kulit segar dan bercahaya.


·         Menyehatkan Rambut

Kandungan betakaroten pada buah melon dapat diubah menjadi vitamin A didalam tubuh. Vitamin A sangat penting fungsinya untuk menjaga pertumbuhan rambut tetap normal dan sehat.

Kandungan vitamin B pada melon seperti asam folat (vitamin B9) dan inisitol (vitamin B9) dapat membantu mencegah kerontokan pada rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.


Demikianlah khasiat dan manfaat buah melon untuk kesehatan dan kecantikan, semoga menjadi info yang berguna dalam menjalankan hidup sehat sehari-hari dan semoga bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment