Home » , » Perlu Diketahui Perbedaan Jeruk Nipis Dengan Jeruk Lemon

Perlu Diketahui Perbedaan Jeruk Nipis Dengan Jeruk Lemon

Perbedaan Jeruk Nipis Dengan Jeruk Lemon. Jeruk merupakan nama buah dari semua tumbuhan yang berbunga anggota marga citrus dari suku jeruk-jerukan (rutaceae). Daging buah jeruk biasanya berasa masam dan segar, meskipun banyak juga buah jeruk yang memiliki rasa manis pada daging buahnya. Kandungan asam sitrat pada buah jeruk ini lah yang menyebabkan rasa masam.


jeruk nipis dan jeruk lemon
Jeruk lemon (kiri) Jeruk nipis (kanan)

Anggota dari suku rutaceae atau suku jeruk-jerukan seperti halnya jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk bali dan jeruk lainnya memang memiliki kemiripan satu dengan yang lainnya. Terkadang banyak orang menyebutkan bahwa jeruk lemon dengan jeruk nipis adalah sama. Tetapi dalam kenyataannya jeruk lemon dan jeruk nipis merupakan dua jenis buah jeruk yang berbeda.


Terdapat beberapa perbedaan yang mendasar antara buah jeruk lemon dengan buah jeruk nipis. Terdapat 5 perbedaan yang mendasar antara jeruk lemon dan jeruk nipis menurut sunpride. Perbedaan perbedaannya adalah :

  • Identifikasi
Apabila kita lihat perbedaan paling mencolok antara jeruk nipis dengan jeruk lemon terletak pada warna buahnya. Buah jeruk lemon berwarna kuning sementara itu buah jeruk nipis berwarna hijau. Meskipun keduanya merupakan keluarga rutaceae tetapi spesies dan genusnya berbeda.

Jeruk lemon masuk kedalam genus dan spesies jeruk limon sedangkan jeruk nipis termasuk ke dalam spesies jeruk aurantifolia.

  • Tempat Asal
Menurut Universitas Purdue jeruk lemon berasal dari Irak, Mesir, China, Italia selatan dan barat laut India sedangkan jeruk nipis menurut wikipedia berasal dari asia tenggara. Jeruk nipis ini sudah sangat populer di kawasan eropa dan amerika.

  • Pertumbuhan Pohon 
Pohon jeruk lemon bisa tumbuh mencapai tinggi 30 meter sedangkan pohon jeruk nipis hanya bisa tumbuh setinggi 6.5 sampai 13 meter saja.

  • Varietas
Kembali menurut penelitian yang dilakukan oleh universitas Purdue, jeruk lemon memiliki kurang lebih 20 varietas sedangkan jeruk nipis hanya memiliki 7 varietas saja.

  • Khasiat
Dari segi khasiatnya, perbedaan antara jeruk nipis dengan jeruk lemon terletak pada jeruk nipis dalam khasiatnya lebih bersifat zat pendingin sedangkan jeruk lemon lebih aromatik, diuretik dan anti inflamasi.


Nah itulah lima perbedaan mendasar antara buah jeruk lemon dengan buah jeruk nipis, mudah mudahan setelah mengetahuinya kita tidak lagi keliru membedakan yang bagaimana antara buah jeruk nipis dan buah jeruk lemon.

Semoga menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat alami dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment