Home » , , , , , » Khasiat Luar Biasa Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Luar Biasa Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah sirsak atau dikenal juga dengan nangka belanda merupakan buah dari tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Buah yang berasal dari kawasan karibia, amerika tengah ini memiliki penyebutan yang berbeda beda di setiap daerah di Indonesia. Seperti di daerah sunda buah eksotis ini disebut dengan nangka walanda, nangka landa di jawa dan nangka buris di madura. Yang menarik dari penyebutan walanda, landa pada buah ini karena buah sirsak dibawa ke Indonesia oleh pemerintah kolonial Belanda.

Selain itu, asal kata nama buah sirsak berasal dari bahasa belanda zuurzak yang mempunyai arti kantung asam. 

buah sirsak
Buah Sirsak

Buah dengan bentuk unik ini memiliki nama latin Annona Muricata mempunyai daging buah yang lembut dengan rasanya yang manis menyegarkan. Selain karena rasanya yang membuat buah ini populer, buah sirsak juga terkenal mempunyai kandungan nutrisi vitamin dan mineral yang sangat luar biasa efeknya untuk kesehatan tubuh.

Berikut manfaat dan khasiat buah sirsak untuk kesehatan dan Kecantikan yang dikutip dari berbagai sumber diantaranya adalah :

Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak untuk Kesehatan

  • Anti-Inflamasi
Senyawa anti-inflamasi pada buah sirsak dapat dengan cepat menyembuhkan akibat dari peradangan dan juga meningkatkan fleksibilitas, seperti berkhasiat meredakan rasa sakit akibat encok atau arthritis. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menggosokan ramuan sirsak pada daerah yang terasa sakit maka rasa sakitnya pun akan berkurang.


  • Mencegah Kanker
Buah sirsak mempunyai kandungan suatu senyawa yang bernama annonaceous acetogenins. Senyawa ini merupakan senyawa fitokimia yang sangat efektif untuk mencegah berbagai jenis kanker, diantaranya kanker usus, kanker prostat dan kanker payudara. Menariknya senyawa tersebut hanya ditemukan pada tanaman spesies sirsak saja.


  • Menguatkan Tulang
Buah sirsak mempunyai kandungan fosfor dan kalsium yang manfaatnya sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Pada setiap 100 gram buah sirsak mempunyai kandungan 27 miligram fosfor dan 14 miligram kalsium. Selain itu buah sirsak juga mengandung zat tembaga yang dapat bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium pada tulang.

Sehingga dengan kombinasi zat tembaga yang membantu menyerap kalsium pada tulang jadi lebih baik dapat berkhasiat mencegah terserang penyakit osteoporosis dan menjaga tulang lebih sehat lagi.

baca juga : Buah Naga Manfaat dan Khasiatnya untuk Menguatkan Tulang

  • Menghilangkan Kolesterol Jahat 
Kolesterol jahat bisa berakibat mudahnya tubuh terserang penyakit yang berbahaya. Kandungan serat yang tinggi pada buah sirsak bisa bermanfaat menyerap kolesterol kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

baca juga : Khasiat Hebat Jeruk Bali untuk Mengusir Kolesterol

  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah sirsak sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Didalam buah sirsak seberat 300 gram mengandung 60 miligram vitamin C, dengan kandungan vitamin C yang tinggi tersebut bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Vitamin C juga sangat berkhasiat melindungi tubuh dari radikal bebas dan mencegah terjadinya penuaan dini.

baca juga : 13 Khasiat Luar Biasa Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Mengobati Migrain
Buah sirsak mempunyai kandungan vitamin B2 atau riboflavin yang tinggi dan bersifat anti-oksidan sehingga bermanfaat untuk mengurangi sakit kepala migrain pada penderita. Selain itu riboflavin juga dapat membantu metabolisme di dalam tubuh.

baca juga : Khasiat Luar Biasa Buah Anggur untuk Mengatasi Migrain

  • Mencegah Anemia
Kandungan riboflavin pada sirsak memegang peranan penting dalam mencegah penyakit anemia. Hal tersebut bisa terjadi karena riboflavin mempunyai fungsi yang sangat penting dalam pembentukan sel sel darah merah di dalam tubuh. Dengan begitu dapat terhindar dari penyakit kekurangan darah atau anemia.

baca juga : Khasiat Hebat Buah Rambutan untuk Mencegah Anemia dan Membantu Kehamilan

  • Melancarkan Saluran Pencernaan
Vitamin C dan serat yang terkandung pada sirsak sangat bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan. Maka dari itu buah sirsak sudah digunakan selama bertahun tahun sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan disentri. Selain itu jus buah sirsak juga dapat bermanfaat sebagai diuretik yang sangat efektif sehingga dapat membersihkan saluran pencernaan dan membuang racun dari dalam tubuh.

Komponen anti-inflamasi lainnya yang terkandung pada sirsak seperti alkaloid dan kuinolon dapat berkhasiat mengurangi parasit didalam usus dan mengurangi iritasi didalam perut sehingga dapat membuat saluran pencernaan tetap sehat.

baca juga : Khasiat Buah Mangga untuk Melancarkan Pencernaan

  • Menyehatkan Saluran Pernapasan
Seperti jeruk nipis, Sirsak juga mempunyai sifat ekspektoran yang dapat meluruhkan dahak dan lendir pada saluran pernapasan. Sehingga membuat saluran pernapasan menjadi lega dan tetap sehat sehingga terhindar dari penyakit seperti batuk, flu dan penyakit pernapasan lainnya.

baca juga : Buah Nanas Manfaat dan Khasiatnya untuk Batuk dan Flu

Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak untuk Kecantikan


  • Menyehatkan Kulit
Biji dari buah sirsak dapat dipakai untuk perawatan kulit dengan cara tumbuk biji buah sirsak sampai halus kemudian campur sedikit air lalu usapkan ke kulit. Hal tersebut dipercaya dapat bermanfaat untuk melembabkan kulit, membantu mengurangi kerutan dan mencegah timbulnya bintik-bintik hitam yang diakibatkan oleh faktor usia. Selain itu hal tersebut juga bisa bermanfaat melindungi kulit dari infeksi bakteri dan mikroba.

baca juga : Khasiat Luar Biasa Buah Semangka untuk Kecantikan Kulit

Itulah khasiat dan manfaat buah sirsak untuk kesehatan dan kecantikan, semoga bisa menjadi bahan informasi untuk menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment