Home » , , , , , , » Khasiat dan Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah durian sebuah nama buah yang sangat tidak asing lagi. Buah yang unik dengan bentuk yang bulat lonjong berlekuk dan pada kulitnya yang keras terdapat duri duri yang tajam. Karena hal itulah buah yang mempunyai karakteristik bau yang menyengat ini dinamakan durian. Buah eksotis ini merupakan buah asli asal Indonesia.

Selain di Indonesia buah durian sangat populer khususnya dikawasan Asia Tenggara. Meskipun buah yang memiliki rasa yang khas dan bau yang menyengat ini banyak penggemarnya, tidak sedikit pula yang tidak tahan akan aroma dan rasa dari buah durian sehingga tidak menyukai buah durian.

buah durian
Buah Durian
  
Buah yang memiliki nama latin Durio Zibethinus ini memiliki banyak sekali varian. Diantaranya yang cukup populer adalah durian monthong, durian petruk, durian kuning emas dan durian merah. Selain banyaknya varian varian buah durian, buah ini juga mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral di dalamnya yang bisa bermanfaat khususnya untuk kesehatan.

Kandungan vitamin dan mineral pada buah durian diantaranya adalah vitamin C, vitamin A, vitamin B6, thiamin, ribloflavin, asam folat dan niasin. Sedangkan kandungan mineral pada buah durian diantaranya adalah zat besi, magnesium, kalsium, potasium, seng, fosfor dan natrium. Selain itu buah durian juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh seperti air, fitonutrien dan protein.

Tentunya dengan banyaknya kandungan nutrisi, vitamin dan mineral pada buah durian maka dibarengi pula dengan banyaknya khasiat dan manfaat untuk tubuh dengan mengkonsumsi buah ini. Seperti contohnya berkhasiat mencegah kanker, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan lain sebagainya.

Untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat dan khasiat buah durian untuk kesehatan dan kecantikan yang dikutip dari organicfacts diantaranya adalah :

Manfaat dan Khasiat Buah Durian untuk Kecantikan

  • Mencegah Penuaan Dini  
Durian termasuk buah yang memiliki sifat anti-oksidan. Sifat anti-oksidan durian berasal dari kandungan vitamin dan mineral yang dapat mengurangi radikal bebas di dalam tubuh. Sehingga dapat mencegah timbulnya tanda tanda penuaan dini seperti kulit keriput, kulit kusam dan sebagainya.

baca juga : Manfaat dan Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat dan Khasiat Buah Durian untuk Kesehatan

  • Berkhasiat Melancarkan Pencernaan
Seperti buah pepaya, buah durian mengandung serat yang tinggi yang sangat penting untuk sistem pencernaan. Serat dapat merangsang gerak peristaltik dan sekresi pada lambung. Sehingga bisa terhindar dari penyakit seperti sembelit, perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Kandungan serat dalam durian merupakan serat yang tidak larut yang dapat berkhasiat menurunkan frekuensi diare bagi penderitanya.


  • Mengatur Tekanan Darah dan Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan kalium yang tinggi pada durian dapat bermanfaat untuk kesehatan. Kalium dapat membantu mengontrol tekanan darah didalam tubuh dengan cara memperlambat terjadinya pengerasan pembuluh darah. Selain itu kalium juga berfungsi sebagai penjaga kadar natrium dan mengatur detak jantung.

Kandungan serat  yang tinggi pada buah durian juga dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada sistem kardiovaskular yang dapat mengakibatkan penyakit jantung.


  • Berkhasiat Mengobati Insomnia
Buah durian mengandung triptopan yaitu sejenis asam amino yang dapat mendorong produksi seretonin pada otak. Dalam hal ini seretonin dapat berfungsi menciptakan perasaan mengantuk, tenang dan rileks. Konsumsi beberapa buah durian sebelum tidur akan efektif mengobati insomnia pada penderita.

  • Berkhasiat Mencegah Disfungsi Seksual
Dari hasil penelitian yang meneliti tentang potensi buah durian menyebutkan bahwa buah durian dapat bertindak sebagai afrodisiak. Afrodisiak merupakan suatu zat yang mempunyai kemampuan untuk meningkatkan gairah seksual dan juga dapat mengurangi ketidaksuburan (infertilitas) pada pria dan wanita serta dapat meningkatkan mobilitas sperma.


  • Berkhasiat Mencegah Kanker   
Seperti telah diuraikan diatas bahwa buah durian memiliki banyak kandungan vitamin, nutrisi dan senyawa organik yang dapat berfungsi sebagai anti-oksidan. Seperti contohnya vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin E serta fitonutrien yang efektif untuk mencegah kanker. Selain itu anti-oksidan mempunyai fungsi yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh sehingga dapat mencegah sel sel sehat mengkonversi menjadi sel sel kanker.


  • Berkhasiat Menjaga Kesehatan Tulang 
Buah durian merupakan sumber dari kalium, magnesium, mangan dan tembaga yang semua mineral tersebut mempunyai peranan penting dalam perkembangan dan mempertahankan kekuatan tulang. Kalium juga dapat meningkatkan efisiensi serapan nutrien oleh sel. Selain itu mineral mineral tersebut diatas dapat berkhasiat mencegah osteoporosis.


  • Berkhasiat Mencegah Anemia
Buah durian mempunyai kandungan asam folat yang tinggi, sedangkan asam folat merupakan komponen penting dalam memproduksi sel sel darah merah. Selain itu durian juga mengandung zat besi dan tembaga yang merupakan komponen penting lainnya untuk produksi sel sel darah merah.


Sebagai catatan dalam mengkonsumsi buah durian janganlah secara berlebihan karena efeknya bisa mengakibatkan timbulnya beberapa penyakit yang fatal bagi tubuh, seperti contohnya hipertensi, jantung, diabetes dan terutama untuk ibu hamil disarankan jangan mengkonsumsi durian karena bisa berakibat kematian pada janin. Jadi konsumsilah buah durian dengan takaran yang cukup sekitar 100-200 gram dalam sekali konsumsi supaya keseimbangan nutrisi di dalam tubuh tetap terjaga. 

Itulah manfaat dan khasiat buah durian untuk kesehatan dan kecantikan, semoga menjadi informasi yang bermanfaat dalam menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.      

0 komentar:

Post a Comment