Home » , , , , , , » Khasiat Luar Biasa dari Jambu Biji

Khasiat Luar Biasa dari Jambu Biji

Khasiat Jambu Biji. Jambu biji atau dikenal juga dengan sebutan jambu klutuk atau jambu batu merupakan tanaman dan buah yang banyak dijumpai disekitar kita. Jambu biji sangat populer di Indonesia dan banyak yang menanamnya dipekarangan rumah. Jambu biji ini mempunyai buah berbentuk bulat dan berwarna hijau dengan daging pada buahnya ada yang berwarna putih dan berwarna merah dengan biji kecil kecil didalamnya. 

Jambu biji
Jambu Biji
  
Buah jambu biji dikenal mempunyai rasa yang menyegarkan yaitu rasa asam dan manis sangat cocok untuk dibuat rujak maupun dijadikan bahan untuk membuat jus. Selain rasanya yang asam manis jambu biji juga terkenal akan kandungan vitamin C nya yang tinggi.

Jambu biji memiliki nama latin Psidium guajava dan tanaman ini berasal dari negara Brasil yang disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. 

Jambu biji dipercaya mempunyai kandungan kandungan nutrisi yang tinggi. Sebagai contoh pada satu buah jambu biji seberat 275 gram, kandungan vitamin C nya cukup untuk dua orang anak yang berusia 13 sampai 20 tahun. Luar biasa bukan.

Kandungan nutrisi pada buah jambu biji

Kandungan-kandungan nutrisi pada jambu biji yang bervariatif jika dibandingakan dengan kandungan nutrisi buah nanas pada jumlah berat yang sama akan terlihat perbedaannya yang lumayan. Seperti halnya pada jambu biji mengandung 30 kalori yang lebih banyak dari pada nanas per porsinya, Kandungan protein jambu biji lebih banyak tiga kali lipat dan kandungan serat pada jambu biji empat kali lebih besar dibanding buah nanas.

Jambu biji juga disebut sebagai buah super karena kandungan nutrisinya yang banyak. Berikut kandungan kandungan nutrisi yang terdapat pada buah jambu biji, diantaranya adalah : 

  1. vitamin C
  2. vitamin A
  3. flavonoid termasuk juga beta karoten
  4. lutein dan cryptoxanthin yang merupakan antioksidan
  5. lycopene terdapat pada jambu biji merah muda yang berkhasiat untuk mencegah kanker prostat dan melindungi kulit dari sinar ultra violet
  6. kalium yang merupakan nutrisi penting dalam menjaga kesehatan jantung
  7. vitamin B6
  8. vitamin E
  9. vitamin K
  10. niasin
  11. asam pantotenat
  12. mangan
  13. tembaga
  14. magnesium
  15. dan lain sebagainya
Itulah kandungan kandungan nutrisi pada jambu biji yang bisa dipastikan mempunyai khasiat-khasiat yang beraneka ragam untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Banyaknya kandungan kandungan nutrisi yang ada pada jambu biji, seperti yang telah diuraikan diatas maka bisa disimpulkan banyak pula khasiat khasiat dari jambu biji yang bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat khasiat dari jambu biji diantaranya adalah sebagai berikut : 

  • Mengatasi Diabetes
Seperti halnya jambu monyet, jambu biji juga berkhasiat membantu penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi pada jambu biji dapat membantu mengatur proses penyerapan gula di dalam tubuh. Hal ini sangat memungkinkan dalam menurunkan glukosa dan insulin dalam tubuh.

  • Menyehatkan Indera Penglihatan
Kandungan vitamin A pada jambu biji sangat baik untuk menjaga indera penglihatan tetap sehat. Selain itu juga dapat membantu menghambat munculnya penyakit katarak dan degenerasi makula (kerusakan yang terjadi pada sel sel didalam makula retina) yang timbul biasanya karena proses penuaan.

  • Mengurangi Hipertensi
Kandungan hipoglikemik dan serat pada jambu biji sangat berkhasiat membantu menurunkan tekanan darah dan juga dapat memicu kinerja pada jantung untuk lebih baik lagi sehingga dapat terhindar dari resiko penyakit jantung. Selain itu jambu biji juga berkhasiat dapat mempertahankan fluiditas darah dan membantu mengurangi kolesterol di dalam darah. Khasiat yang sama seperti pada jeruk bali.

  • Berkhasiat Mengatasi Sembelit
Sembelit bisa menyebabkan 72 macam penyakit, sehingga sembelit tidak bisa dipandang remeh. Seperti halnya pada pepaya, kandungan serat pada jambu biji yang tinggi sangat berkhasiat menyembuhkan sembelit. Terlebih pada bagian biji apabila bijinya tertelan atau terkunyah biji tersebut bisa berkhasiat sebagai obat pencahar yang efektif.

Selain itu sifat dari jambu biji berkhasiat membantu pembentukan gerakan pada usus yang sehat dan membantu tubuh untuk mempertahankan air sehingga dapat membersihkan usus.

  • Berkhasiat untuk Mengatasi Diare 
Kandungan senyawa astringents yang ada pada jambu biji berkhasiat melindungi dari terkena penyakit diare. Astrigents disini berfungsi sebagai disinfektan dan antibakteri yang bersifat alkali yang mampu menghambat pertumbuhan mikroba dan membantu menghilangkan ekstra lendir pada usus. Selain astrigents, kandungan vitamin C, kalium dan karotenoid pada jambu biji dapat memperkuat sistem pencernaan dalam tubuh.

  • Menyehatkan Tiroid
Kandungan zat tembaga pada jambu biji dapat membantu mengatur metabolisme tiroid yang mengontrol produksi hormon dan penyerapan.

  • Berkhasiat untuk Menyembuhkan Demam dan Batuk
Vitamin C pada jambu biji sangat berkhasiat mencegah virus dan infeksi dingin. Selain itu juga dapat berfungsi sebagai disinfektan pada tenggorokan sehingga dapat menghambat mikroba pada paru paru dan saluran pernafasan. Dalam prakteknya rebusan daun jambu biji dan jus jambu dapat mengurangi dahak pada penderita batuk.

  • Membantu dalam Proses Diet
Kandungan serat yang tinggi, vitamin, protein dan mineral pada jambu biji dapat mengikat makanan di lambung sehingga membuat perut terasa lebih cepat kenyang tanpa karbohidrat dan kolesterol.

Itulah kiranya khasiat-khasiat yang dapat kita ambil dari jambu biji semoga bermanfaat untuk menjalani kehidupan sehat secara alami dan semoga bermanfaat.

sumber : manfaat.co.id

0 komentar:

Post a Comment