Home » , , , , , , , , , , » Inilah Khasiat dan Manfaat Hebat Buah Tin untuk Kesehatan dan Kecantikan

Inilah Khasiat dan Manfaat Hebat Buah Tin untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Buah Tin. Buah tin merupakan buah yang sangat populer bagi umat islam karena nama buah ini termasuk dijadikan nama salah satu surat dalam kitab suci Al Qur’an. Selain itu buah tin juga dipercaya sebagai salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW.

buah tin
Buah Tin

Buah tin berasal dari kawasan asia barat dan nama tin itu sendiri berasal dari bahasa arab. Buah ini juga dikenal dengan nama buah ara dan dalam bahasa inggris dikenal dengan nama fig sedangkan nama latin buah tin ini adalah Ficus Carica.

Bentuk buah tin bulat mengerucut pada salah satu ujungnya, memiliki diameter 3 sampai 5 cm berwarna hijau dan merah keunguan jika matang serta memiliki biji yang banyak didalamnya. Buah tin memiliki aroma harum dan rasa yang manis mirip dengan buah jambu. Buah tin memiliki dua jenis yaitu buah tin kering dan buah tin basah, yang menjadi perbedaannya terletak pada kandungan kalorinya. Pada buah tin kering mengandung lebih banyak kalori didalamnya dibandingkan dengan buah tin basah.

Buah tin termasuk buah yang mempunyai gizi tinggi karena berbagai macam kandungan nutrisi, vitamin dan mineral didalamnya diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, kalium, kalsium, serat, zat besi, mangan, fosfor, folat (vitamin B9) dan klorin. Dengan kandungan gizi yang tinggi maka buah tin juga mempunyai manfaat dan khasiat yang penting untuk kesehatan serta kecantikan tubuh.

Beberapa diantara manfaat dan khasiat buah tin untuk kesehatan dan kecantikan diantaranya adalah :

  • Mencegah Penyakit Jantung 
Buah tin kering mengandung fenol, omega-3 dan omega-6 yang mempunyai khasiat mencegah penyakit jantung koroner. Selain itu tidak hanya pada buahnya, daun pohon tin juga mempunyai khasiat untuk menangkal penyakit jantung. Hal tersebut terjadi karena daun tin memiliki efek yang dapat menurunkan kadar trigliserida yang tinggi di dalam darah. Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang mengalir di dalam darah dan apabila kadarnya tinggi bisa mengakibatkan penyakit jantung.


  • Mencegah Kanker 
Buah tin mengandung polifenol yang bertindak sebagai anti-oksidan pembasmi radikal bebas. Radikal bebas ini lah yang merupakan penyebab utama kanker karena dapat mengaktifkan pertumbuhan sel secara tidak normal (menjadi sel kanker).

Kandungan serat yang tinggi pada buah tin merupakan salah satu komponen anti-oksidan yang sangat penting dalam mencegah kanker. Serat dapat meningkatkan dan menyehatkan gerakan pada usus, terutama pada usus besar sehingga berkhasiat merangsang penghapusan radikal bebas dan zat lainnya penyebab kanker kolon (kanker usus besar).

Selain itu buah tin juga mengandung nutrisi senyawa coumarins yang mempunyai manfaat efektif mencegah resiko penyakit kanker prostate pada usia 30 tahun ke atas.


  • Mencegah Anemia
Kandungan zat besi pada buah tin mempunyai manfaat membantu mengoptimalkan pembentukan hemoglobin atau HB di dalam darah sehingga tubuh tidak kekurangan sel darah merah yang menjadi penyebab anemia. Hemoglobin itu sendiri merupakan metaloprotein yang terdapat pada sel darah merah.


  • Menyehatkan Sistem Pencernaan 
Sejak lama buah tin telah digunakan sebagai obat pencahar tradisional. Kandungan serat tinggi yang mempunyai sifat laktasif pada buah tin efektif menyembuhkan sembelit. Selain itu serat juga bermanfaat menambah missal dan massa pada gerakan usus sehingga tidak hanya berkhasiat menyembuhkan sembelit, buah tin juga efektif menyembuhkan diare dan melancarkan buang air besar.


  • Anti-Bakteri dan Anti-Septik 
Buah tin memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-septik yang mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri tertentu semacam bisul dan abses. Caranya cukup oleskan buah tin yang sudah dihaluskan ke daerah yang terinfeksi lalu diamkan sampai kering kemudian bilas dengan air hangat lakukan secara teratur.

Selain itu, buah tin dengan kandungan anti-bakteri dan anti-septiknya juga mempunyai khasiat menyembuhkan asma. Asma merupakan suatu gejala sesak napas yang diakibatkan adanya infeksi peradangan pada sistem pernapasan.

Khasiat anti-septik lainnya yang dimiliki buah tin adalah membantu mempercepat penyembuhan luka. Dengan mengoleskan buah tin pada bagian yang luka maka dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka tersebut.


  • Mencegah Tumor 
Kandungan senyawa benzaldehide dan phenol pada buah tin mempunyai khasiat membantu menghentikan pertumbuhan virus, jamur dan parasit yang merupakan penyebab munculnya tumor.


  • Mencegah Diabetes 
Kandungan kalium dan serat yang tinggi pada buah tin sangat berkhasiat untuk mencegah diabetes. Kalium dapat membantu mengontrol jumlah asupan gula yang diserap oleh tubuh. Meskipun buah tin berasa manis tetapi kandungan glukosa dan fruktosanya tidak akan membuat kadar gula di dalam darah naik.


  • Mencegah Hipertensi 
Munculnya hipertensi atau darah tinggi diakibatkan oleh terjadinya penyempitan pada pembuluh darah. Buah tin memiliki kandungan senyawa mineral alami yang berkhasiat mencegah terjadinya hipertensi seperti fosfor, magnesium, fenol, omega-3 dan omega-6. Kombinasi senyawa tersebut mempunyai khasiat menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terjadinya penyempitan pebuluh darah yang bisa berakibat penyakit jantung koroner.


  • Menyehatkan Kehamilan dan Sehabis Melahirkan
Untuk ibu hamil dengan mengkonsumsi buah tin selama masa kehamilan dapat memiliki khasiat yang luar biasa. Hal tersebut bisa terjadi karena kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang terkandung pada buah tin seperti asam folat, serat, protein, kalsium dan zat besi sangat baik untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Selain untuk masa kehamilan, buah tin dengan kandungan zat besinya juga mempunyai manfaat yang besar untuk ibu yang baru melahirkan. Menurut para ahli ketika seorang ibu melahirkan maka akan kekurangan zat besi, dengan kandungan zat besi yang tinggi buah tin bermanfaat menambah kekurangan zat besi tersebut.


  • Menguatkan Tulang 
Kandungan kalsium yang tinggi pada buah tin mempunyai khasiat menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Para ahli gizi menyebutkan bahwa kandungan kalsium dan fosfor pada buah tin lebih tinggi daripada kandungan kalsium dan fosfor pada susu. Dengan mengkonsumsi buah tin yang kaya kalsium secara teratur bisa menghasilkan manfaat yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.


  • Menyehatkan Kulit
Kandungan coumarins pada buah tin tidak hanya berkhasiat mencegah kanker saja, selain itu kandungan coumarins dan vitamin C pada buah tin mempunyai khasiat menjaga kulit tetap sehat dan mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Buah tin juga mengandung mineral alkali yang bermanfaat mengontrol PH kulit dan dapat membersihkan pori-pori kulit dari penyumbatan sehingga bisa terhindar dari jerawat.


  • Khasiat Lainnya dari Buah Tin
Banyak lagi khasiat dan manfaat lainnya dari buah tin yang diantaranya membantu mencegah insomnia, menurunkan dan menaikan berat badan, mengobati sakit tenggorokan, meningkatkan stamina pria dan lain sebagainya.

Demikian lah khasiat dan manfaat dari buah tin yang kaya akan nutrisi untuk kesehatan dan kecantikan, semoga menjadi informasi yang berguna untuk menjalani hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment