Home » , , , , , , » Khasiat Ajaib Buah Anggur untuk Mencegah Segala Penyakit

Khasiat Ajaib Buah Anggur untuk Mencegah Segala Penyakit

Anggur merupakan suatu tanaman buah yang merambat. Buah anggur sangat populer dan tanaman ini dipercaya telah dibudidayakan sejak 4000 tahun sebelum masehi. Selain enak dimakan langsung dengan rasanya yang manis, buah anggur juga biasa diolah menjadi berbagai macam olahan seperti jelly, minyak, kismis, minuman serta jus.

buah anggur
Buah Anggur
   
Buah anggur memiliki banyak macam varietas, diantaranya yang terkenal adalah vitis vinivera yang merupakan anggur untuk bahan minuman di eropa dan vitis labrusca anggur asal amerika utara yang juga merupakan bahan pembuat minuman serta jus anggur.

Anggur terkenal memiliki banyak kandungan senyawa yang sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh, seperti polifenol dan resveratol yang dapat berperan aktif dalam proses metabolisme tubuh dan berkhasiat mencegah penyakit kanker. Selain kandungan polifenol dan resveratrol, anggur juga mempunyai kandungan lainnya yang juga sangat bermanfaat untuk tubuh diantaranya adalah asam fosfat, asam galat, glukosida, zat besi, mangan, kalsium dan sejumlah vitamin.

Dengan kandungan vitamin dan mineral yang berlimpah, anggur dapat berkhasiat mencegah berbagai macam penyakit diantaranya degenerasi makula, gangguan ginjal, kanker kulit dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat dan khasiat buah anggur untuk kesehatan yang diolah dari berbagai sumber, dapat disimak uraian dibawah ini

  • Berkhasiat Mencegah Asma
Buah anggur terkenal memiliki nilai terapeutik atau alat bantu terapi yang dapat digunakan sebagai obat untuk penderita asma. Selain itu buah anggur memiliki kemampuan hidrasi yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kelembaban paru paru dan mencegah asma.


  • Berkhasiat Mengobati Migrain
Terdapat banyak penyebab yang bisa mengakibatkan migrain, seperti nutrisi yang tidak seimbang, faktor cuaca, kurang tidur atau pola diet yang salah. Dengan mengkonsumsi jus anggur yang dibuat dari buah anggur matang tanpa dicampur dengan air pada pagi hari, dengan begitu dapat meringankan migrain pada penderita. Meskipun alkohol bisa mengakibatkan migrain tetapi banyaknya kandungan anti-oksidan pada buah anggur dapat berkhasiat menyembuhkan penyakit migrain.

  • Berkhasiat Mencegah Diabetes
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Albert Einstein College of Medicine yang menyebutkan bahwa kandungan resveratrol pada anggur dapat menurunkan sedikitnya 10% kadar gula di dalam darah. Sehingga dengan terkontrolnya kadar gula dalam darah maka dapat mencegah penyakit diabetes.


  • Berkhasiat Mencegah Kanker
Selain dapat menurunkan kadar gula di dalam darah, kandungan resveratrol pada anggur juga mempunyai efek anti-inflamasi yang membuat anggur terkenal sebagai anti kanker yang kuat. Efek anti-inflamasi dari resveratrol tersebut berkhasiat mencegah terjadinya kanker payudara dan kanker kolon atau kanker yang menyerang usus besar. Menurut beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa resveratrol juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet dari matahari sehingga bisa terhindar dari kanker kulit.

Selain resveratrol yang efektif untuk mencegah kanker, anggur juga mempunyai kandungan antosianin dan proantosianidin yang bersifat anti-proliferat dan efektif menghambat proses pertumbuhan kanker.


  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan yang tinggi dari berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin K pada anggur dapat meningkatkan kesehatan pada sistem organ tubuh, terutama pada sistem kekebalan tubuh sehingga bisa mencegah timbulnya berbagai macam penyakit, baik itu penyakit ringan seperti flu maupun penyakit yang serius.

  • Berkhasiat Mencegah Degenerasi Makula
Degenerasi makula adalah kerusakan yang terjadi pada sel sel di dalam makula retina. Buah anggur dapat berkhasiat mencegah degenerasi makula dan turunnya fungsi mata karena faktor usia. Menurut penelitian di University of Miami yang menyebutkan bahwa diet yang ditambah dengan buah anggur dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah terjadinya gangguan penglihatan retinal.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi buah anggur 3 kali sehari secara teratur dapat berkhasiat mengurangi kemungkinan terjadinya degenerasi makula sebanyak lebih dari 36%.


  • Mencegah Penyakit Katarak
Kandungan flavonoid pada buah anggur memiliki sifat anti-oksidan yang bisa bermanfaat melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti katarak, penyakit pada sistem kardiovaskular dan penyakit yang berkaitan dengan proses penuaan. Dengan kandungan flavonoid yang bersifat anti-oksidan pada anggur sangat efektif untuk mencegah timbulnya gejala penyakit katarak.


  • Berkhasiat Menurunkan Kolesterol
Kandungan senyawa pterostilbene pada buah anggur dapat berkhasiat menurunkan level kolesterol pada tubuh. Pterostilbene berkaitan erat dengan resveratrol yang telah diuraikan diatas merupakan senyawa anti-oksidan yang sangat bermanfaat dan juga berkaitan erat dengan flavonoid. 

Penelitian menyebutkan bahwa buah anggur memiliki sifat anti kanker yang kuat dan juga dapat menurunkan level kolesterol secara signifikan. Selain itu kandungan senyawa lain pada anggur yaitu saponin yang terdapat pada kulit buah anggur dapat mencegah penyerapan kolesterol dengan mengikatnya.


  • Berkhasiat Mencegah Penyakit Jantung
Penyakit jantung merupakan penyakit yang menakutkan karena bisa merenggut nyawa. Dengan mengkonsumsi buah anggur dapat meningkatkan kadar level oksida nitrat dalam darah sehingga dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah dan membuat aliran darah tetap lancar. Selain itu anti-oksidan pada buah anggur dapat mencegah terjadinya oksidasi kolesterol jahat (kolesterol LDL) yang merupakan penyebab utama dari berbagai masalah koroner.

Flavonoid pada anggur yang juga merupakan anti-oksidan penting lainnya berfungsi membersihkan dan mengurangi penggumpalan darah dan juga sebagai filter racun untuk keluar dari darah.


  • Mencegah Ganguan pada Organ Pencernaan
Seperti halnya buah pepaya, buah anggur juga merupakan buah yang bersifat laksatif atau bersifat pencahar sehingga efektif melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Hal itu disebabkan karena buah anggur memiliki kandungan asam organik, selulosa dan gula. Selain itu anggur memiliki kandungan serat yang tidak larut yang berarti anggur akan tetap utuh ketika bergerak di sistem pencernaan sehingga akan membentuk kotoran yang padat dan sehat.

   
  • Menguatkan Tulang
Anggur merupakan sumber dari nutrisi mikro seperti zat besi, mangan dan tembaga. Ketiganya merupakan komponen penting dalam proses penguatan dan perkembangan tulang di dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari penyakit semacam osteoporosis.


  • Membantu Menurunkan Berat Badan
Penelitian yang dipimpin oleh MaryAnne DellaFera, PhD di University of Georgia menemukan bahwa kandungan resveratrol pada anggur terutama apabila dikombinasikan dengan isoflavon kedelai dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif. Karena hal tersebut bisa terjadi dengan dua cara
  1. membantu mengurangi kemampuan sel didalam tubuh untuk menyimpan lemak sebesar 130%
  2. membantu menghancurkan lemak sekitar 246% lebih tinggi dari normal
Dua hal tersebut sangat efektif untuk membantu program penurunan berat badan.

  • Berkhasiat Mencegah Gagal Ginjal
Khasiat penting lainnya dari buah anggur adalah dapat mencegah terjadinya gagal ginjal. Buah anggur dapat mengurangi tingkat keasaman pada asam urin dan juga anggur dapat membantu menghilangkan asam pada tubuh sehingga dapat mengurangi tekanan pada ginjal.


  • Menghambat Gejala Penyakit Alzheimer
Kandungan resveratrol pada buah anggur memang memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Sebuah studi di Universitas of Switzerland menemukan bahwa resveratrol mampu menangkal radikal bebas dan membersihkan puing plak pada otak seperti yang diderita oleh penderita alzheimer. Selain itu resveratrol juga dapat menurunkan level peptide amyloid beta pada penderita alzheimer.

  • Anti-Bakteri dan Anti-Virus
Anggur merah memiliki keistimewaan memiliki sifat anti-bakteri yang kuat dan memiliki sifat antiviral yang dapat melindungi dari infeksi. Sifat antiviral anggur sangat kuat terhadap virus herpes simplex dan virus polio. Penelitian juga menunjukan bahwa dengan jus anggur dapat mencegah infeksi bakteri pada sistem pencernaan dan sistem tubuh lainnya. 


Itulah khasiat dan manfaat buah anggur untuk kesehatan yang sangat luar biasa, semoga menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment