Home » , , , , , , , , » Manfaat dan Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat dan Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah nanas merupakan buah yang memiliki bentuk yang khas dan unik. Buah ini berasal dari Brasil, Bolivia dan Paraguay. Buah yang memiliki kulit buah yang bersisik dan mempunyai mahkota daun diatasnya. Nama nanas sendiri berasal dari sebutan orang orang tupi (orang orang yang tinggal di lembah amazon) yang menyebut buah ini dengan nama "anana".

Buah Nanas
Buah Nanas

Buah yang memiliki nama latin Ananas Comusus ini memiliki kandungan nutrisi lengkap yang bisa dipakai untuk menunjang kesehatan tubuh. Menurut Laura Flores, seorang ahli nutrisi asal amerika serikat menyebutkan bahwa nanas mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu nanas juga mengandung serat dan bromelain yang merupakan sejenis enzim yang hanya ditemukan pada nanas.

Kandungan nutrisi lainnya pada nanas terdiri dari kalium, mangan, kalsium, magnesium, vitamin B6, asam folat dan lain sebagainya. Sebagai mana kita ketahui bahwa banyaknya kandungan nutrisi pada nanas maka banyak pula manfaat dan khasiat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah nanas. Berikut khasiat dan manfaat hebat dari buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan yang dirangkum dari berbagai sumber :

  • Anti-Inflamasi
Salah satu khasiat yang terkenal dari buah nanas adalah dapat mengurangi peradangan pada sendi dan otot. Buah nanas mengandung suatu enzim proteolitik yang sangat langka yang hanya ditemukan pada nanas yaitu bromelain. Bromelain mempunyai sifat anti-inflamasi dan bahkan jika bromelain dikombinasikan dengan kunyit akan memiliki khasiat yang tidak kalah dengan obat-obatan medis seperti steroid dan NSAID (non steroid).


  • Anti-Oksidan
Seperti halnya jeruk, buah nanas juga merupakan gudangnya vitamin C. Seperti telah kita ketahui vitamin C dapat berkhasiat untuk berbagai macam penyakit dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga berkhasiat sebagai anti-oksidan yang dapat mencegah efek berbahaya dari radikal bebas yang bisa menyebabkan sel sel bermutasi menjadi kanker.


  • Berkhasiat Menyehatkan Kulit
Vitamin C yang terkandung pada nanas juga mengandung kolagen. Kandungan kolagen dari 100 gram buah nanas sekitar 47.8 miligram. Kolagen itu sendiri merupakan sejenis protein yang secara alami memiliki serat yang mendukung dan menghubungkan jaringan didalam tubuh seperti kulit, tulang dan organ lainnya. Selain itu kolagen berkhasiat mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini. Kulit kekurangan kolagen maka akan menjadi keriput.


  • Berkhasiat Mencegah Kanker
Kandungan anti-oksidan yang berkhasiat mencegah kanker pada nanas selain vitamin C adalah vitamin A, beta karoten, bromelain, flavonoid dan mangan yang merupakan faktor penting pendukung superoxide dismutase. Superoxide dismutase merupakan enzim yang penting untuk pertahanan sel dalam proses metabolisme, sehingga mencegah sel sel sehat bermutasi menjadi kanker.


  • Berkhasiat Mengatasi Masalah Pencernaan
Seperti pada buah buahan lainnya, buah nanas juga mengandung serat yang tinggi. Kandungan vitamin C dan serat pada buah ini dapat mencegah berbagai masalah yang menggangu organ pencernaan seperti sembelit, sindrom iritasi usus, diare dan masalah pencernaan lainnya.


  • Berkhasiat Menyembuhkan Batuk dan Flu
Enzim bromelain pada nanas juga dapat berkhasiat menyembuhkan batuk dan flu. Enzim bromelain dapat membantu mengurangi dan menghilangkan dahak serta lendir pada saluran pernapasan dan rongga sinus. Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi pada nanas sangat efektif untuk mencegah masuknya virus penyebab flu.       

  • Berkhasiat Menguatkan Tulang
Kandungan mangan yang tinggi pada nanas sangat baik untuk menguatkan tulang. Mangan merupakan mineral penting yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi buah nanas maka kebutuhan tubuh akan mangan bisa tercukupi.


  • Berkhasiat Menjaga Kesehatan Gigi
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah nanas juga dapat berkhasiat untuk mencegah timbulnya plak pada gigi dan mencegah terjadinya gangguan pada gusi.


  • Menyehatkan Mata
Penglihatan merupakan salah satu indera yang penting. Tingginya kandungan vitamin A dan beta karoten pada nanas dapat mencegah mata dari degenerasi makula.


  • Berkhasiat Mencegah Hipertensi
Nanas merupakan buah yang kaya akan kandungan mineral dan potasium adalah salah satunya. Potasium dapat berfungsi sebagai vasodilator. Vasodilator adalah agen yang dapat memperlebar pembuluh darah sehingga dapat memperlancar sirkulasi aliran darah. Sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah tersumbatnya aliran darah yang dapat mengakibatkan aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.


Sebagai catatan yang harus diperhatikan kandungan bromelain pada nanas selain khasiatnya yang cukup besar untuk tubuh, bromelain juga mempunyai efek yang dapat merangsang menstruasi sehingga bagi wanita hamil dilarang mengkonsumsi buah nanas karena bisa berakibat keguguran.

Itulah segudang khasiat dan manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan, konsumsi secara benar dan teratur untuk mendapatkan khasiat yang terbaik dari buah ini. Semoga menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.   

0 komentar:

Post a Comment