Home » , , , , , , , , , » Khasiat dan Manfaat Luar Biasa Daun dan Buah Kersen untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Luar Biasa Daun dan Buah Kersen untuk Kesehatan

Buah Kersen, buah yang sangat tidak asing dan banyak dijumpai disekitar kita. Buah yang berbentuk bulat kecil berwarna merah ketika sudah matang ini, pohonnya bisa kita jumpai dimana saja karena pohon ini termasuk ke dalam tumbuhan liar.

Buah kersen atau talok mempunyai nama latin Mutingia Calabura. Di Indonesia khususnya, kersen mempunyai nama yang berbeda-beda pada tiap daerah. Orang sunda menyebutnya kersem, di madura kersen dikenal dengan sebutan baleci bahkan sebagian orang jakarta menyebutnya ceri.

buah kersen
Buah Kersen

Kersen memiliki daun yang berbulu dan ukuran buah kersen mempunyai diameter kurang lebih 1.5 cm saja. Buah kersen juga memiliki daging yang halus serta rasa yang manis. Sangat enak dimakan langsung buahnya apabila telah matang.

Meskipun pohon kersen termasuk ke dalam tumbuhan liar tetapi bukan berarti buah kersen tidak mempunyai khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Menurut Dr. Paul Haider seorang master herbalist asal Amerika menyebutkan bahwa buah kersen memiliki khasiat dalam menurunkan gula darah, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah dan berkhasiat memblokir rasa sakit.

Masih menurut Dr. Paul Haider, buah kersen mengandung serat, air, karbohidrat, protein untuk otot, kalsium dan fosfor untuk pembentukan tulang yang kuat, zat besi untuk anemia dan vitamin B untuk vitalitas dan membentuk suasana hati yang baik.

Untuk lebih jelasnya mengenai khasiat dan manfaat dari buah kersen menurut Dr. Paul Haider, dapat disimak pada uraian dibawah ini :

  • Anti-Bakteri
Buah kersen mengandung senyawa anti-bakteri yang sangat kuat sehingga membuatnya disebut sebagai sumber anti-bakteri baru. Kersen juga memiliki sifat anti-bakteri yang sama dengan antibiotik yang biasa digunakan didunia medis. Hal tersebut menjadi penting ketika tubuh memiliki begitu banyak bakteri resisten antibiotik.

baca juga : 13 Khasiat Luar Biasa Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Berkhasiat Mengatasi Encok
Di beberapa negara, buah Kersen selama berabad abad telah digunakan sebagai obat tradisional untuk menghentikan rasa sakit yang diakibatkan oleh encok. Makan 9 sampai 12 buah kersen tiga kali sehari sangat efektif untuk meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh encok.

  • Berkhasiat Mengobati Diabetes
Sama seperti khasiat jambu monyet, buah kersen juga dapat menurunkan kadar gula darah didalam tubuh sehingga sangat efektif untuk para penderita diabetes.

  • Mengandung Vitamin C
Buah kersen memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang telah kita ketahui vitamin C merupakan anti-oksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat sehingga bisa terhindar dari penyakit batuk, flu bahkan penyakit kardiovaskular. Didalam 100 gram buah kersen mengandung 150 miligram vitamin C.

baca juga : Khasiat Jeruk Bali untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Berkhasiat sebagai Penghilang Rasa Sakit
Daun kersen dapat berkhasiat untuk menghilangkan rasa sakit. Hal tersebut bisa terjadi karena daun kersen mengandung senyawa anti-nociceptive yaitu senyawa yang mampu menghambat perjalanan impuls syaraf nociceptive (nyeri). Senyawa anti-nociceptive pada daun kersen mirip dengan opiat.

  • Berkhasiat Melindungi dari Penyakit Kardiovaskular
Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Daun kersen juga mengandung anti-oksidan yang berkhasiat mencegah peradangan yang dapat menyebabkan infark miokard. Infark miokard adalah kondisi dimana terhentinya aliran darah dari arteri koroner pada area yang terkena sehingga menyebabkan kekurangan oksigen yang bisa menyebabkan sel sel jantung menjadi mati.

Cukup buat teh dari daun kersen maka khasiatnya bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya tersebut diatas.

  • Berkhasiat Mencegah Kanker
Daun kersen juga mempunyai khasiat dapat mencegah kanker. Sama seperti jeruk nipis dan jambu biji, Daun kersen mengandung flavonoid yang efektif mencegah tumbuhnya sel sel penyebab kanker.

  • Anti-Inflamasi
Sama halnya dengan khasiat buah pepaya, daun kersen berkhasiat untuk mengobati peradangan dan pembengkakan. Selain itu dapat juga untuk menurunkan demam.

  • Berkhasiat untuk Menurunkan Tekanan Darah
Teh yang terbuat dari daun kersen mampu berkhasiat menurunkan tekanan darah. Hal itu terjadi karena daun kersen mengandung nitrat oksida yang dapat melemaskan pembuluh darah sehingga meningkatkan aliran darah.

  • Berkhasiat Menyembuhkan Sakit Kepala
Konsumsi buah kersen dan minum teh dari daun kersen secara teratur dapat efektif untuk menyembuhkan sakit kepala pada penderita.

  • Anti-Oksidan
Daun dan buah kersen banyak mengandung senyawa anti-oksidan. Pada kenyataannya mengandung lebih dari 24 flavonoid, saponin dan fenolik. Fenolik merupakan senyawa yang juga ditemukan pada teh hijau.

  • Anti-Septik 
Tidak mau kalah dari daun dan buahnya, bunga kersen juga mempunyai khasiat sebagai obat anti-septik yang baik untuk luka pada kulit dan juga sangat berkhasiat untuk mengobati kram perut.

Itulah khasiat dan manfaat dari daun dan buah kersen yang ternyata sangat luar biasa. Semoga menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat alami dan semoga bermanfaat.   

0 komentar:

Post a Comment