Home » , , , , , , , , , » Manfaat dan Khasiat Buah Sawo untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat dan Khasiat Buah Sawo untuk Kesehatan dan Kecantikan

Satu lagi buah yang cukup populer di Indonesia yaitu sawo. Buah yang berwarna coklat pada kulitnya ini diperkirakan berasal dari kawasan amerika tropis khususnya Meksiko, Guetamala dan Hindia Barat. Pohonnya dikenal bisa berumur panjang dan biasa tumbuh di dataran rendah beriklim tropis.

Kulit buah sawo berwarna coklat tua dengan daging buahnya berwarna coklat muda dan terdapat biji berwarna hitam mengkilap didalamnya. Seluruh bagian buah sawo terutama pada sawo muda yang belum matang mengandung lateks, yang merupakan getah berwarna putih yang cukup kental. Lateks ini akan hilang ketika buah sawo kondisinya matang.

Buah sawo
Buah Sawo
  
Buah yang mempunyai nama latin Manilkara Zapota ini sangat populer pula dibelahan dunia lainnya. Sawo mempunyai bentuk yang bulat oval berdiameter kurang lebih 10 cm dan berat 150 gram dengan tekstur buahnya halus kasar. Buah ini sangat enak dimakan langsung apabila sudah matang dengan citarasanya yang manis.

Kandungan nutrisi pada buah sawo terdiri dari seratin, polifenol berupa tanin, kalium, tembaga, zat besi, vitamin A, vitamin C dan masih banyak kandungan nutrisi yang lainnya. Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, buah sawo sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Menurut stylecraze terdapat banyak khasiat dan manfaat dari buah sawo untuk kesehatan dan kecantikan yang diantaranya adalah :

Khasiat dan Manfaat Buah Sawo Untuk Kulit

Kandungan buah sawo yang kaya akan anti-oksidan, vitamin dan mineral sangat efektif untuk membuat kulit tetap sehat dan tampak bercahaya.

  1. Kandungan vitamin E pada sawo dapat membantu melembabkan kulit sehingga dapat menjadikan kulit tetap sehat dan cantik.
  2. Sawo kaya akan kandungan anti-oksidan. Oleh karena itu dapat membantu memberantas radikal bebas yang dapat mengakibatkan terjadinya proses penuaan dini dan mengurangi kerutan pada kulit.
  3. Minyak biji kernel dari sawo dapat bermanfaat sebagai salep kulit. Residu dari biji sawo tersebut setelah di ekstrak menjadi minyak dapat dijadikan salep untuk mengobati penyakit kulit.
  4. Getah yang berwarna putih pada sawo berkhasiat dapat menghilangkan jamur dan kutil pada kulit.
  5. Mengkonsumsi sawo secara teratur dapat menyehatkan kulit karena kombinasi dari vitamin A dan vitamin C sangat efektif dalam memperindah kulit.

Khasiat dan Manfaat Buah Sawo Untuk Rambut

Pasokan nutrisi yang tepat untuk tubuh berpengaruh pula pada kesehatan rambut. Masalah rambut biasanya terjadi karena paparan zat kimia berbahaya, gaya hidup yang tidak sehat dan kurangnya pasokan nutrisi penting untuk tubuh.

Sawo dengan berbagai kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh merupakan salah satu solusi alternatif untuk kesehatan rambut.

  1. Minyak yang diekstrak dari biji sawo berkhasiat membantu melembabkan dan melembutkan rambut sehingga mudah diatur. 
  2. Minyak ekstrak biji sawo juga berkhasiat memelihara kulit kepala dan dapat mengurangi iritasi. Selain itu minyak tersebut berkhasiat mencegah kerontokan pada rambut yang diakibatkan oleh dermatitis seboroik.
  3. Biji sawo juga berkhasiat menghilangkan ketombe. Haluskan biji sawo lalu campur dengan minyak jarak kemudian oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama semalam. Hal tersebut bisa menghilangkan ketombe secara efektif.

Khasiat dan Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan

Sawo merupakan salah satu buah yang mempunyai khasiat dan manfaat sangat besar untuk kesehatan berkat berbagai nutrisi yang terkandung didalamnya. Daging buahnya yang lezat sangat mudah dicerna dan dapat memberikan energi pada tubuh karena kandungan glukosanya yang tinggi. Manfaat dan khasiat sawo untuk kesehatan diantaranya adalah :

  • Sumber Energi
Sawo mempunyai kandungan glukosa yang tinggi yang berkhasiat mampu menyediakan energi instan bagi tubuh. Hal ini sangat baik untuk atlet yang membutuhkan banyak energi sehingga sawo sangat disarankan untuk dikonsumsi.

  • Berkhasiat untuk Menyehatkan Penglihatan
Buah sawo memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Menurut penelitian, vitamin A berkhasiat meningkatkan daya penglihatan bahkan pada usia tua. Dengan demikian konsumsilah buah sawo secara teratur untuk mempertahankan kesehatan mata.

baca juga : Khasiat-Khasiat Jambu Air yang Jarang Diketahui 

  • Anti-Inflamasi
Tingginya kandungan tanin pada sawo merupakan faktor penting anti-inflamasi. Dengan kata lain, hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan pada saluran pencernaan dan mencegah penyakit seperti esofagitis, enteritis, sindrom iritasi usus dan gastritis. Tanin juga dapat berkhasiat mengurangi peradangan dengan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

baca juga : Khasiat dan Manfaat Luar Biasa Daun dan Buah Kersen untuk Kesehatan

  • Berkhasiat Mencegah Kanker
Kandungan vitamin A dan vitamin B pada sawo dapat berkhasiat membantu menjaga lapisan lendir pada tubuh dan kulit tetep sehat. Anti-oksidan, serat dan nutrisi yang terkandung didalam buah sawo dapat memberikan perlindungan terhadap kanker dan mengikat karsinogen atau racun pada usus besar. Selain itu vitamin A juga memberikan perlindungan dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

baca juga : Cegah Kanker, Jantung dan Diabetes dengan Buah Ceplukan

  • Menguatkan Tulang
Sawo sangat berkhasiat untuk menguatkan tulang. Kandungan kalsium, fosfor dan zat besi pada sawo merupakan nutrisi yang penting untuk membuat tulang lebih kuat.

baca juga : 7 Khasiat Ampuh dari Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Berkhasiat Mencegah Sembelit
Kandungan serat pada sawo yang tinggi yaitu 5.6/100 gram dapat berkhasiat sebagai obat pencahar yang sangat baik. Sehingga dapat melancarkan saluran pencernaan dan mencegah terjadinya infeksi pada pencernaan.

baca juga : Khasiat dan Manfaat Lengkap Buah Srikaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Berkhasiat untuk Ibu Hamil
Memiliki kandungan karbohidrat dan nutrisi lainnya yang tinggi, sawo sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui. Sawo berkhasiat mengurangi lemah, letih dan gejala kehamilan lainnya seperti mual dan pusing.

baca juga : Khasiat dan Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

  • Menghentikan Pendarahan
Salep dari biji sawo dikenal mempunyai sifat yang hemostatik yaitu dapat menghentikan pendarahan. Dengan demikian ramuan tersebut dapat menghentikan pendarahan yang diakibatkan oleh cedera dan yang lainnya. Salep dari biji sawo juga berkhasiat untuk menyembuhkan gigitan serangga.

  • Berkhasiat sebagai Anti-virus dan Anti-Bakteri
Adanya kandungan anti-oksidan polifenol pada sawo berfungsi juga sebagai anti-virus dan anti-bakteri. Anti-oksidan berkhasiat mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh, vitamin C menghancurkan radikal bebas dan kalium, folat, zat besi, niacin, serta asam pantotenat berkhasiat menyehatkan sistem pencernaan.

baca juga : 13 Khasiat Luar Biasa Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Berkhasiat Mencegah Diare
Ambil dua buah sawo yang masih muda lalu cuci dan parut, beri air matang sedikit dan saring untuk diambil airnya. Air saringannya kemudian minum dan tunggulah beberapa saat, diare pun akan terobati.


  • Berkhasiat sebagai Obat Penenang
Buah sawo berkhasiat membantu menenangkan saraf dan mengurangi stress. Dengan demikian mengkonsumsi buah sawo secara teratur dapat mengurangi insomnia, kecemasan dan depresi.

  • Berkhasiat Mencegah Flu dan Batuk
Sifat ekspektoran yang ada pada buah sawo sangat efektif untuk melancarkan dan menghilangkan dahak dari rongga hidung dan saluran pernapasan. Hal itu sangat membantu untuk menghilangkan flu dan batuk pada penderita.


  • Berkhasiat Menyembuhkan Batu Ginjal
Biji sawo yang sudah dilembutkan dapat bersifat diuretik atau peluruh kencing, sehingga bisa membuat kandung kemih lebih sehat dan dapat menghancurkan batu ginjal. Dan bisa terhindar dari penyakit pada ginjal.


  • Berkhasiat Membantu Proses Detoksifikasi
Biji sawo yang bersifat diuretik tersebut dapat membantu menghilangkan racun racun dalam tubuh melalui buang air kecil. Sehingga bisa terhindar dari edema dan retensi air dengan menjaga kandungan ar didalam tubuh.

baca juga : Buah Pepaya dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Berkhasiat untuk Gigi Berlubang
Lateks atau getah kental berwarna putih pada buah sawo dapat digunakan untuk menambal gigi yang berlubang.

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat terbaik dari buah sawo sebaiknya mengkonsumsi buah tersebut dalam kondisi matang karena buah sawo yang mentah rasanya sangat pahit. Hal itu karena kandungan tanin dan lateksnya yang tinggi, selain itu dapat menyebabkan sariawan, gatal pada tenggorokan dan sesak nafas.

Itulah manfaat dan khasiat buah sawo untuk kesehatan dan kecantikan, semoga menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment