Home » , , , , , , » Khasiat dan Manfaat Luar Biasa Buah Pir untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Luar Biasa Buah Pir untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah pir atau dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan nama pear merupakan nama buah yang berasal dari eropa barat. Buah yang kulitnya mempunyai warna kuning atau hijau muda dengan bintik samar berwarna kecoklatan ketika matang ini mempunyai bentuk buah yang unik yaitu bulat lonjong dengan salah satu ujung buahnya mengerucut.

Buah Pir
Buah Pir

Buah pir mempunyai rasa yang manis agak keasaman sehingga sangat nikmat dan menyegarkan mengkonsumsinya pada saat cuaca panas. Buah pir mempunyai banyak varietas, varietas yang paling populer di Indonesia adalah buah pir xiang li (Pyrus sinkiangensis) yang didatangkan dari China.

Mengkonsumsi buah pir dipercaya dapat mendatangkan manfaat yang baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan buah pir mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang ada pada buah pir terdiri dari anti-oksidan penting seperti flavonoid dan serat.

Menurut USDA nutrient database di dalam satu buah pir berukuran sedang (178 gram) memiliki kandungan nutrisi

  1. 0 gram lemak
  2. 101 kalori
  3. 1 gram protein
  4. 27 gram karbohidrat yang didalamnya termasuk 17 gram gula dan 6 gram serat)
Dan dengan mengkonsumsi satu buah pir yang berukuran sedang dapat mencukupi 12% kebutuhan harian vitamin C, 6% mencukupi kebutuhan kalium, 10% vitamin K dan mencukupi kebutuhan lainnya seperti kalsium, magnesium, riboflavin, zat besi, folat dan vitamin B6.

Dengan tercukupinya kebutuhan vitamin dan mineral harian untuk tubuh maka bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat mengganggu kesehatan. Berikut khasiat dan manfaat lengkap buah pir untuk kesehatan dan kecantikan, diantaranya adalah :

Manfaat Buah Pir Untuk Kecantikan

·         Mencegah Jerawat

Buah pir mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang sangat penting untuk tubuh sehingga bermanfaat dapat menguatkan tubuh dari dalam. Hasilnya membuat kulit mampu mencegah jerawat dan melawan semua jenis infeksi kulit dari dalam.


·         Berkhasiat Mengatasi Kulit Berminyak

Untuk melakukan perawatan pada kulit berminyak, blender buah pir sampai halus kemudian campur dengan krim dan madu lalu hasil dari ramuan tersebut maskerkan pada wajah tiga kali seminggu secara teratur maka hal tersebut dapat bermanfaat mengurangi sekresi kelenjar minyak pada wajah.

·         Berkhasiat Melembabkan Kulit

Selain bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak, buah pir juga sangat berkhasiat untuk mencegah kulit kering dan kulit bersisik. Kandungan humektan alami pada buah pir dapat bermanfaat membantu menyeimbangkan kadar air pada kulit dan mempertahankan kelembaban kulit sehingga terhindar dari kulit kering dan bersisik.


Manfaat dan Khasiat Buah Pir untuk Kesehatan

·         Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C pada satu buah pir berukuran sedang yang mampu mencukupi 12% kebutuhan harian tubuh sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Selain itu vitamin C juga bertindak sebagai anti-oksidan yang sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.


·         Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2007 menyebutkan bahwa kandungan flavonoid pada buah pir dapat berkhasiat menurunkan resiko penyakit jantung serta menurunkan tingkat kematian yang diakibatkan oleh penyakit tersebut.

Dan artikel lainnya yang diterbitkan oleh American Heart Association pada tahun 2011 menuliskan bahwa mengkonsumsi satu buah pir sehari secara teratur dapat bermanfaat mengurangi resiko terkena stroke sebesar 52%.


·         Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Mengkonsumsi satu buah pir yang berukuran sedang dapat memasok kalium sebanyak 212 miligram pada tubuh. Kalium merupakan mineral yang fungsinya sangat penting untuk membantu jantung berdenyut dengan normal serta membuat otot-otot bekerja secara normal. Selain itu kandungan anti karsinogen glutathione dan anti-oksidan didalam buah pir dapat juga bermanfaat membantu mengontrol tekanan darah.


·         Menyehatkan Saluran Pencernaan

Mengkonsumsi buah pir yang kaya akan kandungan serat dapat bermanfaat membantu sistem pencernaan di dalam tubuh bekerja dengan cara yang semestinya. Selain itu serat juga berkhasiat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut sangat bermanfaat mencegah terjadinya gangguan pada saluran pencernaan seperti sembelit, diare, wasir dan bahkan dapat mencegah penyakit berbahaya pada saluran pencernaan seperti kanker usus besar.


·         Menguatkan Tulang

Buah pir mempunyai kandungan kalsium yang sangat baik untuk memperkuat tulang. Selain itu kandungan boron pada buah pir dapat bermanfaat membantu penyerapan kalsium untuk tulang sehingga bisa terhindar dari penyakit penyakit tulang seperti osteoporosis.


·         Membantu dalam Masa Kehamilan

Asam folat (vitamin B9) merupakan nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil. Kekurangan asam folat pada ibu hamil bisa berakibat sangat fatal karena bisa mengakibatkan cacat lahir pada bayi yang dilahirkan. Mengkonsumsi buah pir secara teratur selama kehamilan dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat bagi ibu hamil.


·         Mencegah Kanker

Kandungan senyawa anti-oksidan yang tinggi pada buah pir sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab utama penyakit kanker. Komponen-komponen anti-oksidan yang terkandung di dalam buah pir seperti vitamin C, vitamin A dan senyawa flavonoid sangat berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit kanker yang berbeda beda seperti kanker prostat, kanker usus besar, kanker rectum, kanker payudara dan kanker paru-paru.


Itulah manfaat dan khasiat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat luar biasa, semoga menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat. 


0 komentar:

Post a Comment