Home » , , , , , , » Khasiat dan Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan dan Kecantikan. Buah kelengkeng atau biasa juga disebut buah lengkeng, longan atau mata kucing merupakan buah yang banyak digemari karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Buah yang berasal dari daratan asia tenggara ini bentuknya kecil namun mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan.

buah kelengkeng
Buah Kelengkeng

Buah kelengkeng mempunyai nama latin Dimocarpus Longan, dengan bentuk buah bulat kecil berwarna coklat kekuning-kuningan pada kulitnya berbintik kasar dan mempunyai warna daging buah putih bening tipis dengan biji tunggal berwarna hitam didalamnya. Buah ini sangat enak dikonsumsi langsung, meskipun banyak pula diolah untuk menjadi makanan olahan manisan kaleng dan bahan minuman segar.

Seperti telah disebutkan diatas, buah kelengkeng merupakan buah yang bisa dibilang kecil kecil cabe rawit dengan ukuran kecil tapi mempunyai khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Kandungan vitamin C pada kelengkeng dapat memenuhi 80% kebutuhan harian tubuh selain itu kelengkeng juga kaya akan kandungan vitamin A, kalium, fosfor, magnesium dan zat besi yang manfaatnya sangat penting untuk tubuh dan sebagai anti-oksidan. 

Berikut khasiat dan manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan dan kecantikan yang dikutip dari stylecraze, diantaranya adalah :

  • Seperti telah diuraikan diatas, buah kelengkeng mempunyai kandungan vitamin C tinggi yang mempunyai khasiat dan manfaat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat sehingga bisa terhindar dari penyakit seperti flu dan batuk. Selain itu vitamin C juga dapat membantu penyerapan zat besi didalam tubuh dan memperbaiki kondisi kulit yang rusak.

  • Buah kelengkeng sangat rendah kalori dan lemak. Hal tersebut menjadikannya sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Buah kelengkeng juga mengandung karbohidrat kompleks yang mempunyai manfaat untuk meningkatkan energi, meningkatkan stamina dan mengurangi rasa lapar. Didalam setengah cangkir buah kelengkeng hanya mengandung 35 kalori sehingga sangat baik untuk tambahan menu menurunkan berat badan.

  • Menurut para ahli herbalist Cina, buah kelengkeng merupakan penambah energi dan merupakan tonik Qi (tonik untuk organ-organ tubuh) yang dapat menghasilkan energi dalam jangka panjang, sehingga bisa terhindar dari insomnia dan kecemasan berlebih.

  • Buah kelengkeng mengandung vitamin C dan polifenol yang mempunyai khasiat dan manfaat sebagai anti-oksidan yang dapat membantu memerangi radikal bebas serta mencegah terjadinya kerusakan sel didalam tubuh. Hal tersebut sangat penting karena dapat mencegah dan mengurangi resiko terkena penyakit kanker yang sangat berbahaya.

  • Buah kelengkeng dapat membantu melancarkan dan meningkatkan sirkulasi darah serta meningkatkan asimilasi zat besi didalam tubuh. Hal tersebut bermanfaat untuk mencegah resiko terkena penyakit anemia.

  • Buah kelengkeng mempunyai khasiat yang luar biasa pada gangguan atau masalah pada saraf dan dianjurkan sebagai anti-depresan. Kelengkeng dapat memberikan efek relaksasi pada sistem saraf dan telah terbukti membantu meningkatkan fungsi saraf dan mengurangi kelelahan.

  • Dengan manfaatnya sebagai anti-depresan yang mengurangi stress dan kelelahan sehingga menenangkan sistem saraf maka hal tersebut juga mempunyai efek terhindar dari resiko penyakit jantung yang sangat berbahaya.

  • Kandungan vitamin A pada buah kelengkeng sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit, sehingga bisa mencegah kulit bersisik, kulit pecah-pecah dan anti penuaan dini. Selain itu Buah kelengkeng juga efektif menjaga gigi dan gusi tetap sehat.

  • Biji buah kelengkeng mempunyai khasiat untuk mengobati akibat dari gigitan ular. Tempel dan tekan biji kelengkeng pada daerah yang terkena gigitan ular dipercaya dapat menyerap racun dan menyembuhkan luka akibat gigitan tersebut. 

  • Kandungan senyawa saponin pada biji buah kelengkeng banyak digunakan sebagai bahan dasar shampo, sehingga sangat efektif untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut.

Nah itulah khasiat dan manfaat buah kelengkeng atau lengkeng untuk kesehatan dan kecantikan, semoga menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment