Home » , , , , , » Khasiat dan Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Nangka. Buah nangka seperti halnya buah durian mempunyai aroma buah yang khas. Mempunyai nama latin Artocarpus Heterophyllus, buah nangka berbentuk bulat gelendong panjang dengan kulitnya memiliki duri-duri lunak, daging buahnya berwarna kuning dan beraroma sangat kuat ketika matang serta mempunyai biji tunggal didalamnya.

nangka
Buah Nangka


Selain dapat dimakan langsung, dengan rasanya yang manis, buah nangka banyak diolah menjadi berbagai macam olahan makanan dan minuman seperti campuran es, jus, kolak dan lain sebagainya. Buah nangka muda juga banyak diolah menjadi makanan campuran sayuran. Selain daging buahnya, biji buah nangka juga dapat dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu tentunya.

Terlepas dari rasanya yang manis, buah nangka mengandung kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, niasin, kalium, riboflavin, magnesium dan nutrisi lainnya. Berdasarkan hal tersebut tentunya kandungan nutrisi pada buah nangka memiliki khasiat dan manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh yang diantaranya adalah

  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Buah nangka mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi, yang merupakan elemen penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu untuk memperkuat fungsi sistem kekebalan tubuh dengan mendukung fungsi sel darah putih.

Selain itu juga vitamin C mempunyai manfaat juga sebagai anti-oksidan yang fungsinya sangat penting untuk mencegah akibat dari radikal bebas di dalam tubuh.


  • Mencegah Anemia
Kandungan zat besi pada buah nangka sangat baik untuk mencegah penyakit anemia dan juga membantu sirkulasi darah didalam tubuh. Anemia terjadi karena kurangnya sel darah merah, dengan mengkonsumsi buah nangka yang mengandung zat besi maka dapat meminimalisir resiko terkena penyakit anemia.


  • Mencegah Kanker
Selain vitamin C sebagai anti-oksidan, buah nangka juga mengandung fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang memiliki sifat anti kanker. Fitonutrien tersebut mempunyai khasiat membantu menghilangkan kanker akibat dari radikal bebas dan menghambat degenerasi sel-sel yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif.


  • Mencegah Hipertensi (menurunkan tekanan darah tinggi)
Buah nangka mengandung kalium yang mempunyai manfaat menurunkan tekanan darah dan gal tersebut bisa terhindar dari resiko penyakit hipertensi (darah tinggi), serangan jantung dan stroke.


  • Menyehatkan Sistem Pencernaan
Kandungan serat pada nangka membantu melancarkan gerakan pada usus sehingga mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan. Serat ini juga memberikan perlindungan terhadap membran mukosa usus dengan menghilangkan bahan kimia karsinogenik dari usus besar. Selain itu, Buah nangka juga mempunyai sifat anti-ulkus yang dapat mengikat atau mengurangi asam lambung berlebih yang merupakan penyebab sakit maag.


  • Menyehatkan dan Memperkuat Tulang
Buah nangka mempunyai kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium merupakan nutrisi penting dalam penyerapan kalsium di dalam tubuh sehingga dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah resiko terjadinya gangguan yang berhubungan dengan tulang seperti osteoporosis dan sebagainya.


  • Menambah Energi
Nangka dipercaya sebagai buah yang dapat membangkitkan energi. Hal itu terjadi karena buah nangka mempunyai kandungan gula seperti fruktosa dan sukrosa yang dapat memberikan tambahan energi untuk tubuh.

Meskipun nangka dapat menambah energi tetapi buah nangka tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh yang membuat buah ini menjadi salah satu buah yang menyehatkan untuk dinikmati.


  • Menyehatkan Mata
Kandungan vitamin A pada buah nangka merupakan nutrisi yang tepat untuk menyehatkan indera penglihatan. Hal tersebut juga mempunyai khasiat untuk mencegah resiko terkena degenerasi makula dan rabun senja.


Demikian khasiat dan manfaat buah nangka untuk kesehatan yang dikutip dari ehealthzine, semoga menjadi informasi yang berguna untuk menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.  

0 komentar:

Post a Comment