Home » , , , , , , , , » 13 Khasiat Luar Biasa Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

13 Khasiat Luar Biasa Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jeruk limon atau juga populer dengan sebutan jeruk lemon merupakan salah satu varian jeruk yang juga memiliki banyak kandungan mineral dan nutrisi pada buahnya. Jenis jeruk yang memiliki nama latin Citrus x Limon ini sudah dikenal dari generasi ke generasi akan khasiatnya dalam membantu menjaga kesehatan tubuh.

jeruk lemon
Jeruk Lemon

Karakteristik bau dan rasa dari buah jeruk yang kulitnya berwarna kuning ini memang menyegarkan dan membuat jeruk lemon sangat cocok untuk dijadikan minuman yang menyegarkan. Seperti halnya digunakan untuk membuat jus lemon, minuman hangat dicampur madu, minuman ringan, koktail, teh dan masih banyak lagi racikan minuman lainnya.

Jeruk lemon berbeda dengan jeruk nipis. untuk mengetahui perbedaannya telah diulas pada artikel sebelumnya mengenai perbedaan jeruk nipis dengan jeruk lemon.

baca juga : Perlu Diketahui Perbedaan Jeruk Nipis Dengan Jeruk Lemon

Diluar khasiat untuk kesehatan tubuh, jeruk lemon sangat efektif digunakan untuk keperluan dalam rumah tangga sehari-hari misalnya digunakan untuk mencuci peralatan dapur. Hal ini dikarenakan jeruk lemon mampu menghilangkan noda dan aroma lemon pun sangat efektif dalam mengusir gangguan nyamuk.

Seperti telah disebutkan diatas bahwa jeruk lemon merupakan sumber vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Kandungan kalori yang rendah pada lemon yang hanya mengandung 29 kalori per 100 gram, kandungan lemak jenuh dan kolesterolnya pun rendah. 

Seperti halnya buah jeruk yang lainnya seperti jeruk nipis dan jeruk bali, jeruk lemon juga merupakan gudangnya vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang khasiatnya sangat luar biasa. Selain vitamin C pada jeruk lemon juga mengandung vitamin A, vitamin B6 dan vitamin B1 atau tiamin. 

Kandungan mineral pada jeruk lemon sangat beraneka ragam seperti kalsium, potasium dan tembaga. Tembaga diketahui memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kalsium sangat baik untuk tulang dan gigi sedangkan potasium membantu menjaga keseimbangan PH dan keseimbangan air dalam tubuh.

Berikut 13 khasiat-khasiat luar biasa yang dapat kita ambil dari jeruk lemon.

  • Berkhasiat untuk Pencernaan
Organ pencernaan memainkan peranan penting dalam kesehatan tubuh. Pencernaan yang buruk bisa mengakibatkan timbul berbagai macam gejala penyakit. Oleh karena itu air jeruk lemon hangat merupakan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah pencernaan. Biasakan mengkonsumsi air lemon hangat pada pagi hari secara teratur, hal ini bisa menghindari terganggunya organ pencernaan dari penyakit kembung, nyeri ulu hati, sembelit dan lainnya.


Banyak gangguan pada pencernaan yang terjadi karena rendahnya tingkat PH dalam tubuh dan air jeruk dapat mengembalikan tingkat PH dalam tubuh sehingga organ pencernaan pun bisa sehat kembali.

  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan tubuh dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Turunnya sistem kekebalan tubuh dapat mengakibatkan tubuh dengan mudah terserang penyakit. Jeruk lemon memiliki sifat anti-bakteri dan anti-virus yang berkhasiat melawan bakteri berbahaya, jamur dan virus yang bisa menyebabkan penyakit dan infeksi. Antioksidan pada lemon juga berfungsi mengeluarkan racun dalam tubuh.

  • Berkhasiat untuk Kesehatan Mulut
Meminum secangkir air jeruk lemon pada pagi hari, sangat baik manfaatnya bagi kesehatan mulut. Anti-bakteri yang terdapat pada lemon berkhasiat menghilangkan bakteri pada mulut yang dapat menyebabkan bau pada mulut. Selain itu bisa menghindari sakit gigi dan penyakit mulut lainnya seperti gingivitis. Jeruk lemon juga berkhasiat untuk pemutihan gigi dan pastikan setelahnya berkumur dengan air biasa untuk menghindari kerusakan pada enamel gigi.


  • Dapat Meningkatkan Mood 
Vitamin C dalam lemon merupakan peredam stres alami. Biasakan mengkonsumsi air jeruk lemon pada pagi hari dipercaya bisa meningkatkan suasana hati kita.

  • Natural Diuretic (Meningkatkan Produksi Urin)
Air Jeruk lemon berkhasiat mencegah infeksi saluran kemih serta efektif mencegah dan mengobati batu ginjal karena mengandung asam sitrat. Untuk pengobatan batu ginjal dapat dilakukan dengan cara minum air lemon tiga sampai empat kali sehari secara teratur sampai merasa lebih baik.

  • Menurunkan Berat Badan 
Minum campuran air jeruk lemon dengan madu sangat berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Untuk cara prakteknya ambil segelas air hangat lalu tambahkan satu sendok teh madu dan air lemon hasil perasan dari satu buah jeruk lemon kemudian minum pada waktu perut masih kosong pada pagi hari secara teratur. Hal ini dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh dengan cepat dan merangsang lemak sebagai sumber energi. Kandungan pectin pada lemon juga dapat membuat perut cepat kenyang dan tahan lapar.

  • Berkhasiat Mengobati Batuk dan Flu 
Kombinasi jeruk lemon dan madu merupakan obat tradisional sejak jaman dulu yang berkhasiat untuk mengobati batuk dan flu. Cukup tambahkan dua sendok teh madu dan jus lemon pada secangkir air hangat maka tubuh pun akan terasa nyaman kembali. Batuk dan flu disebabkan oleh virus. Lemon dengan kandungan vitamin C yang tinggi yang merupakan bahan untuk sistem kekebalan tubuh ditambah madu yang berkhasiat untuk meringankan tenggorokan dan menghilangkan lendir pada hidung sangat ampuh untuk mengatasi batuk dan flu.

  • Membantu Proses Detoksifikasi Pada Tubuh
Proses detoksifikasi adalah proses mengeluarkan racun didalam tubuh. Seperti halnya pada Kol atau kubis, jeruk lemon juga sangat efektif untuk proses detoksifikasi. Kombinasi air jeruk lemon dan garam dapat membantu membersihkan racun racun di dalam tubuh.

  • Menjaga Keseimbangan PH dalam Tubuh
PH adalah derajat keasaman yang dimiliki oleh tubuh. Kesimbangan PH dalam tubuh sangat penting, karena apabila keseimbangan PH terganggu bisa timbul berbagai macam penyakit seperti pada pencernaan, penyakit kulit, osteoporosis dan lainya. Maka seperti halnya diatas kombinasi jeruk lemon dan garam berkhasiat untuk mengembalikan keseimbangan PH di dalam tubuh.

  • Berkhasiat untuk Meningkatkan Penyerapan Mineral 
Tubuh sangat membutuhkan mineral, sedangkan tubuh itu sendiri tidak bisa menghasilkan mineral sehingga harus dipasok melalui makanan. Meminum air jeruk lemon dengan sejumput garam dua-tiga kali sehari dapat membantu meningkatkan penyerapan mineral seperti zat besi, magnesium, kalium dan mineral lainnya oleh tubuh sehingga bisa mencegah penyakit seperti osteoporosis, anemia, lemas dan terganggunya fungsi jantung.

  • Berkhasiat untuk Kesehatan Jantung 
Jantung merupakan organ yang sangat vital di dalam tubuh. Kandungan kalium pada jeruk lemon mampu mengontrol tekanan darah tinggi sementara vitamin C mampu menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya pembekuan pembuluh darah. Selain itu jeruk lemon memiliki antioksidan yang dapat menghilangkan racun dan membuat darah yang masuk ke jantung menjadi bersih sehingga terhindar dari penyakit stroke dan masalah jantung lainnya.

  • Berkhasiat untuk Kulit 
Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk lemon dapat berkhasiat menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat mengakibatkan keriput dan penuaan dini. Vitamin C juga dapat memperbaiki sel sel jaringan kulit yang rusak, menghilangkan bintik bintik gelap pada kulit, mencegah timbulnya jerawat dan membantu melindungi kulit dari akibat sinar matahari.

  • Berkhasiat untuk Rambut
Selain berkhasiat untuk kulit, kandungan vitamin C pada jeruk lemon juga dapat membantu mengobati dan mencegah yang timbul pada rambut. Seperti contohnya ujung rambut bercabang, ketombe, rambut kering dan lain sebagainya. Kandungan anti-bakterinya berkhasiat mencegah bakteri yang bisa mengakibatkan masalah pada kulit kepala.

Nah itulah 13 khasiat luar biasa jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan, semoga bisa menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat sehari-hari dan semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment