Home » , , , , , » Khasiat dan Manfaat Hebat Buah Naga untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Hebat Buah Naga untuk Kesehatan

Buah naga atau dikenal juga dengan nama pitaya merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan dan Meksiko. Buah yang memiliki bentuk yang tergolong unik ini sekarang telah banyak dibudidayakan dikawasan Asia. Dinamakan buah naga karena dilihat dari kulit buahnya yang seperti sisik naga. Pohon buah naga sendiri termasuk kedalam jenis kaktus.

buah naga
Buah Naga

Buah naga memiliki beberapa macam varietas diantaranya adalah hylocereus undatus merupakan jenis buah naga yang buahnya berwarna merah dengan daging buahnya berwarna putih, hylocereus polyrhizus adalah jenis buah naga yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buahnya berwarna merah, selenicereus megalanthus buah naga yang kulit buahnya berwarna kuning dan daging buahnya berwarna putih dan yang terakhir hylocereus costaricensis adalah buah naga dengan warna buahnya yang sangat merah.

Dari semua varietas buah naga diatas, semuanya dapat memberikan manfaat dan khasiat yang luar biasa untuk tubuh. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah naga sangat efektif untuk pencegahan beberapa macam penyakit dan membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk tubuh.

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah naga diantaranya adalah air, karbohidrat, serat, protein, vitamin B1 atau tiamin, vitamin B2 atau riboflavin, niacin atau vitamin B3, vitamin C, zat besi dan kalsium.

Kandungan segala vitamin dan mineral tersebut memiliki manfaat dan khasiat yang dapat dioptimalkan untuk menunjang kesehatan tubuh. Manfaat dan khasiat buah naga untuk kesehatan diantaranya adalah 

  • Berkhasiat menguatkan sistem kekebalan tubuh
Salah satu khasiat hebat dari mengkonsumsi buah naga adalah dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Tingginya kandungan vitamin C yang ada pada buah naga merupakan elemen penting untuk membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kuat dan dapat merangsang anti-oksidan lainnya didalam tubuh sehingga bisa mencegah radikal bebas yang bisa mengakibatkan berevolusinya sel sehat menjadi sel kanker.


  • Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular
Sistem kardiovaskular adalah suatu sistem yang mempunyai fungsi memindahkan zat-zat dari dan ke sel-sel didalam tubuh atau dikenal juga dengan sistem peredaran darah. Sistem kardiovaskular terdiri dari pembuluh darah, darah dan jantung. Tidak adanya kandungan kolesterol dan rendahnya kandungan lemak pada buah naga sangat baik untuk menjaga sistem kardiovaskular tetap sehat. Sehingga dapat terhindar dari penyakit penyakit yang sangat berbahaya semacam gangguan jantung dan stroke.


  • Tingginya kandungan vitamin
Satu gelas jus buah naga memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Selain vitamin C, buah naga juga mempunyai kandungan kelompok vitamin B yang tinggi. Kandungan vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B3 (niacin) pada buah naga dapat berkhasiat mengontrol tekanan darah, membantu menyehatkan kulit, mencegah gangguan pada kelenjar tiroid dan menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh.


  • Menyehatkan sistem pencernaan
Selain mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh, buah naga juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada buah naga berkhasiat melancarkan buang air besar. Selain itu serat juga berkhasiat membantu mencegah dari penyakit penyakit berbahaya yang menyerang usus seperti kanker kolorektal dan irritable bowel syndrome. 


  • Berkhasiat mencegah kanker
Selain mempunyai anti-oksidan dari vitamin C, buah naga juga memiliki kandungan anti-oksidan alami lainnya seperti beta karoten. Beta karoten menurut sejumlah penelitian termasuk golongan senyawa yang bersifat anti-karsinogen yaitu senyawa yang efektif mencegah zat zat yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu beta karoten pada buah naga dapat mengurangi ukuran tumor.

Beta karoten juga mempunyai khasiat penting untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan beta karoten pada 100 gram buah naga sama kandungannya dengan kandungan beta karoten pada 100 gram wortel yang dikenal sebagai sayuran yang penting untuk kesehatan mata.


  • Berkhasiat menguatkan tulang
Kandungan zat besi dan kalsium pada buah naga yang tinggi sangat baik untuk menguatkan tulang. Bahkan organisasi pangan dan pertanian dunia atau FAO menyebutkan bahwa buah naga merupakan buah yang memiliki nilai gizi tinggi karena kandungan kalsium di dalamnya. Selain untuk tulang kalsium juga bermanfaat untuk fungsi otot dan transmisi saraf.

Zat besi mempunyai fungsi yang sangat penting untuk tubuh karena peranannya untuk mengangkut oksigen dari paru paru ke seluruh jaringan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah naga maka kadar zat besi di dalam tubuh akan tetap terjaga.


  • Membantu menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme
Kandungan serat dan air yang tinggi pada buah naga serta rendah kalori sangat baik untuk membantu yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Selain itu buah naga juga mengandung protein yang fungsinya sangat penting untuk tubuh.

Selain dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, protein juga dapat digunakan untuk mempercepat metabolisme, mempercepat perbaikan sel, menambah energi dan meningkatkan massa otot.


  • Berkhasiat membantu dalam masa kehamilan
Buah naga sangat baik untuk ibu hamil. Seperti telah diuraikan diatas buah naga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi dan karbohidrat yang terkandung pada buah naga berkhasiat mencegah timbulnya penyakit anemia yang sering diderita oleh ibu hamil karena kedua senyawa tersebut dapat membantu proses pembentukan sel darah merah yang dibutuhkan dalam masa kehamilan.

Kekurangan karbohidrat khususnya karbohidrat folates pada ibu hamil dapat berakibat sangat fatal pada janin yang ada di dalam kandungan sehingga dapat mengakibatkan janin mengalami cacat pada sistem saraf otak.


Itulah manfaat dan khasiat hebat dari buah naga, semoga menjadi informasi untuk menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment