Home » , , , , , , » Semangka Buah Eksotis yang Berkhasiat untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Semangka Buah Eksotis yang Berkhasiat untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Buah semangka merupakan buah yang sangat nikmat dikonsumsi pada waktu cuaca panas. Buah yang bentuknya bulat besar berwarna hijau dan pada umumnya isinya berwarna merah meskipun ada juga yang berwarna kuning. Buah yang berasal dari gurun Afrika bagian selatan ini mempunyai nama latin Citrullus Lanatus.

buah semangka
Buah Semangka

Sesuai dengan namanya semangka atau dikenal juga dengan watermelon, memang mempunyai kandungan air yang tinggi bahkan sebagian besar kandungannya sekitar 92% merupakan air. Tetapi selain air, semangka juga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral lainnya yang sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh.

Kandungan pada semangka pada setiap potongnya yang dikonsumsi memiliki kandungan yang tinggi dari vitamin A, vitamin B6, vitamin C, likopen, anti-oksidan dan asam amino. Selain itu semangka mempunyai kandungan kalium, sangat bebas lemak, rendah sodium dan hanya 40 kalori per cangkirnya (152 gram).

Dengan kandungan kandungan vitamin dan mineral seperti diuraikan diatas semangka dapat berkhasiat untuk mencegah berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh seperti gangguan ginjal, hipertensi atau tekanan darah tinggi, kanker, degenerasi makula, impotensi, jantung, stroke dan diabetes.

Berikut manfaat dan khasiat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan yang dikutip dari berbagai sumber, diantaranya adalah

Manfaat dan Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan

  • Mencegah Penyakit Jantung
Menurut penelitian di Purdue University yang menyebutkan bahwa kandungan likopen yang tinggi pada semangka sangat berkhasiat melindungi sel sel di dalam tubuh dari kerusakan dan dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Selain itu semangka memiliki kandungan citrulline dan arginin yang sangat bagus untuk kesehatan jantung. Fungsi citrulline yang utama adalah dapat menghilangkan limbah racun sedangkan arginin dapat membantu melancarkan dan meningkatkan aliran darah dan membantu mengurangi akumulasi kelebihan lemak pada tubuh.


  • Hidrasi
Menurut ahli gizi dari Universitas Texas Victoria Jarzabkowski yang mengatakan bahwa semangka merupakan makanan yang dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Hidrasi adalah suatu proses yang di mana ion dikelilingi oleh molekul air yang tersusun di dalam keadaan tertentu. Selain itu jus semangka mengandung banyak elektrolit yang baik. Hal tersebut berkhasiat mencegah stroke.

  • Berkhasiat Melancarkan Pencernaan
Semangka mengandung serat yang tinggi. Seperti halnya buah pepaya, dalam hal ini kandungan serat pada semangka sangat efektif untuk membantu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh sehingga bisa terhindar dari penyakit yang mengganggu organ pencernaan seperti sembelit dan yang lainnya.


  • Memiliki Sifat Anti-Inflamasi
Masih menurut Victoria Jarzabkowski ahli gizi dari Universitas Texas mengatakan bahwa kandungan likopen pada buah semangka membuat buah tersebut memiliki sifat anti-inflamasi. Likopen merupakan inhibitor untuk berbagai proses inflamasi dan juga dapat menjadi anti-oksidan yang efektif menangkal radikal bebas.

Selain itu, menurut suatu artikel yang diterbitkan dalam Shock Medical Journal pada tahun 2006 menyebutkan bahwa buah semangka juga mengandung kolin yang fungsinya dapat mencegah terjadinya peradangan kronis.


  • Berkhasiat Mengurangi Nyeri Otot
Menurut hasil sebuah studi yang diterbitkan dalam the Journal of Agricultural and Food Chemistry pada tahun 2013 yang menyatakan bahwa minum jus semangka sebelum latihan secara teratur pada atlet dapat membantu mengurangi nyeri otot pada hari berikutnya dan menstabilkan detak jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan citrullin dan arginin pada buah semangka yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi di dalam tubuh.

  • Berkhasiat Mencegah Kanker
Seperti buah buahan lainnya yang berkhasiat untuk kanker contohnya buah naga dan buah mangga, buah semangka juga sangat efektif untuk mencegah kanker karena sifat anti-oksidannya. Menurut National Cancer Institute yang menyebutkan bahwa kandungan likopen pada buah semangka dapat berkhasiat mengurangi kemampuan memperbanyak dirinya sendiri atau proliferasi sel kanker.


  • Berkhasiat Mencegah Hipertensi dan Stroke
Kandungan karotenoid pada semangka dapat bermanfaat mencegah terjadinya pengerasan dinding pembuluh darah yang merupakan penyebab terjadinya hipertensi dan stroke. Selain itu adanya kandungan kalium pada buah semangka dapat berkhasiat menurunkan tekanan darah.


Khasiat dan Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan

  • Berkhasiat Mencegah Penuaan Dini
Kandungan nutrisi pada semangka seperti likopen, vitamin A dan vitamin C merupakan senyawa anti-oksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menyerang kulit. Terkena sinar matahari langsung secara terus menerus dapat mengakibatkan timbulnya garis garis halus. Vitamin C pada semangka berkhasiat mampu memperbaiki sel sel pada jaringan kulit yang rusak, mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkan bintik bintik gelap pada kulit.


  • Melembabkan Kulit
Kandungan air yang tinggi pada buah semangka yaitu 92% dari keseluruhan kandungan buah dapat berkhasiat menjaga kulit tetap lembab. Selain sebagai pelembab kulit buah ini juga terkenal dapat mencegah dehidrasi karena kandungan airnya yang tinggi.


  • Mengurangi Minyak pada Wajah
Vitamin A yang terkandung di dalam buah semangka efektif untuk meminimalisir permasalahan minyak pada wajah.

Itulah khasiat dan manfaat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan semoga menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat alami dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment