Home » , , , , , , , , » Khasiat dan Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah mangga termasuk buah yang sangat populer di Indonesia. Pohonnya banyak ditanam dipekarangan rumah. Rasa buahnya yang manis menjadikan mangga mempunyai penggemar tersendiri. Banyak macam jenis mangga yang dikenal di Indonesia diantaranya mangga gedong gincu, mangga apel, mangga simanalagi dan lain sebagainya.

Mangga mempunyai nama latin Mangifera Indica. Buah ini berasal dari sekitar perbatasan India dan Burma. Bentuk buahnya bermacam macam mulai dari bulat seperti pada mangga gedong, lonjong memanjang seperti pada bentuk mangga golek dan bulat telur seperti pada bentuk mangga indramayu.

Buah Mangga
Buah Mangga

Buah mangga disebut juga dengan raja buah karena mangga merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi didunia. Disamping rasanya yang manis dan lezat menyegarkan, mangga mengandung banyak sekali vitamin, mineral dan anti-oksidan yang dapat membantu mengoptimalkan kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi pada mangga diantaranya protein, serat, kalori, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, karbohidrat, kalsium, tembaga, potasium, magnesium dan lain sebagainya.

Selama beberapa dekade, buah mangga telah digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Seperti buah pepaya, mangga mengandung serat enzim tertentu yang dapat mencegah timbulnya gangguan pada pencernaan.

Untuk selengkapnya mengenai Khasiat dan manfaat buah mangga untuk kesehatan dan kecantikan dapat disimak pada uraian dibawah

  • Berkhasiat Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan serat, vitamin dan kalium pada mangga dapat berkhasiat untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Peningkatan asupan kalium untuk tubuh yang bersamaan dengan penurunan asupan natrium merupakan perubahan pola makan yang penting bagi manusia sehingga akan mengurangi resiko penyakit jantung. 

baca juga : Cegah Kanker, Jantung dan Diabetes dengan Buah Ceplukan

  • Berkhasiat Mengontrol Tekanan Darah
Kandungan magnesium dan kalium yang tinggi pada mangga merupakan solusi alami untuk penderita hipertensi atau darah tinggi. Sehingga mengkonsumsi buah mangga dapat mengontrol tekanan darah tetap rendah.

baca juga : Khasiat dan Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Berkhasiat Mencegah Kanker
Kandungan pektin yang tinggi pada mangga berkhasiat mencegah penyakit kanker. Senyawa ini efektif mencegah timbulnya kanker prostat. Selain itu pektin dapat berkontribusi bagi tubuh untuk menurunkan kolesterol di dalam darah.

Penelitian yang dilakukan oleh The Institute for Food Research menemukan bahwa pektin dapat mengurangi aksi galectin 3 yang merupakan protein penting dalam semua tahapan kanker. Bahkan penelitian lain yang dilakukan oleh The European Prospective Investigation of Cancer menyebutkan bahwa terdapat keterkaitan yang kuat antara buah mangga dengan penurunan resiko kanker pada saluran pencernaan.

baca juga : Khasiat dan Manfaat Luar Biasa Daun dan Buah Kersen untuk Kesehatan

  • Menambah Berat Badan
Mengkonsumsi buah mangga adalah salah satu cara termudah untuk menambah berat badan. Pada buah mangga seberat 150 gram mengandung sekitar 86 kalori yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Selain itu buah mangga juga mengandung zat tepung yang dapat berubah menjadi gula di dalam tubuh.

baca juga : Khasiat dan Manfaat Lengkap Buah Srikaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Mengatasi Masalah pada Saluran Pencernaan
Mangga mengandung asam galat yang sangat baik untuk saluran pencernaan. Selain itu bahan bahan bioaktif pada buah mangga seperti senyawa terpen, ester dan aldehida berkontribusi untuk meningkatkan nafsu makan dan juga meningkatkan fungsi sistem pencernaan di dalam tubuh.

baca juga : Manfaat dan Khasiat Buah Sawo untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Berkhasiat Menyembuhkan Anemia dan Membantu selama Kehamilan
Buah mangga kaya akan kandungan zat besi yang sangat bermanfaat untuk penderita anemia. Mengkonsumsi mangga secara teratur dapat menyembuhkan anemia karena hal tersebut dapat meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh.

Buah mangga juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena dalam masa kehamilan zat besi merupakan hal yang penting.

  • Berkhasiat Menghilangkan Jerawat
Buah mangga dapat berkhasiat mengobati dan menghilangkan jerawat dengan membuka pori pori kulit wajah yang tersumbat. Untuk cara pengobatannya blender buah mangga sampai menjadi halus dan hasil blenderan mangga tadi jadikan masker dan diamkan selama 10 menit kemudian bilas.

  • Memperlambat Tanda Tanda Penuaan
Buah mangga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Kedua vitamin tersebut dapat menghasilkan kolagen didalam tubuh. Kolagen membantu melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat tubuh, sehingga dapat memperlambat proses penuaan kulit.

baca juga : Khasiat Lengkap Jeruk Bali untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Meningkatkan Kesehatan Otak
Vitamin B6 didalam mangga kandungannya sangat tinggi. Vitamin B6 fungsinya sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Selain mengandung vitamin B6, mangga juga mengandung glutamin yang merupakan nutrisi untuk otak yang berkhasiat dapat meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan daya ingat.

baca juga : Khasiat dan Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C yang tinggi pada mangga merupakan elemen penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu mangga juga mengandung beta karoten dan karotenoid, sehingga mangga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh tahan terhadap berbagai bakteri jahat dan racun.

Beta karoten dapat berubah menjadi vitamin A didalam tubuh. Seperti yang kita ketahui vitamin A merupakan anti-oksidan dan dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap radikal bebas yang dapat merusak sistem internal tubuh.

baca juga : 13 Khasiat Luar Biasa Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Berkhasiat Mencegah Diabetes
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr Edralin Lucas, seorang peneliti dari Oklahoma University yang melakukan uji coba terhadap 20 orang penderita obesitas dengan memberikan 10 gram buah mangga yang sudah dikeringkan per orangnya untuk dikonsumsi setiap hari secara teratur dalam kurun waktu 12 minggu.

Penelitian tersebut menghasilkan kadar gula dari 20 orang tersebut menurun secara drastis. Hal ini membuktikan bahwa mengkonsumsi mangga dengan secara teratur dan dengan takaran yang cukup berkhasiat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

baca juga : Khasiat Luar Biasa dari Jambu Biji

Itulah khasiat dan manfaat buah mangga untuk kesehatan dan kecantikan, untuk mendapatkan khasiat dan manfaat dari buah ini secara optimal konsumsi secara teratur dan dengan takaran yang cukup. Semoga menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.   

0 komentar:

Post a Comment