Home » , , , , , , » Buah Pepaya dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah Pepaya dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah Pepaya dan Manfaatnya untuk Kesehatan. Buah pepaya merupakan salah satu buah yang banyak kita jumpai disekitar kita, bahkan banyak yang menanam pohon pepaya dipekarangan rumahnya karena apabila buahnya sudah matang bisa dikonsumsi dalam suasana apapun bersama keluarga tercinta. Buah yang tumbuh pada daerah tropis ini memiliki nama latin carica papaya yang asalnya dari Meksiko dan Amerika Selatan. Selain itu, memang buah pepaya dipercaya mempunyai berbagai macam khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Buah Pepaya
Buah Pepaya


Kandungan gizi pada satu buah pepaya yang berukuran sedang didalamnya mempunyai sekitar 120 kalori, 30gr karbohidrat dan protein 20gr. Pepaya juga banyak mengandung vitamin C yang sangat baik untuk tubuh.
Kandungan gizi lain yang dimiliki oleh buah pepaya diantaranya adalah : 
  1. asam folat (kandungannya lebih tinggi daripada alpukat)
  2. vitamin A
  3. magnesium
  4. vitamin B
  5. riboflavin/vitamin B2
  6. niacin/vitamin B3
  7. asam pantotenat
  8. kalsium
  9. zat besi
  10. fosfor
  11. lycopene/anti oksidan
  12. beta karoten
Banyaknya kandungan gizi pada buah pepaya inilah yang bisa berkhasiat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Setelah kita mengetahui banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada buah pepaya diatas maka bisa dipastikan banyak pula manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan khususnya kecantikan kulit. Mengkonsumsi buah pepaya secara teratur bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau menguatkan sistem imun. Selain itu berikut manfaat dan khasiat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan yang dikutip dari berbagai sumber. diantaranya adalah :

  • sebagai anti inflamasi
Pepaya mengandung anti inflasi yang sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit pada penderita arthiris, edema dan osteoporosis. Selain itu pepaya juga memiliki kandungan anti kanker. Konsumsilah pepaya secara teratur bagi yang memiliki keluhan arthiris, edema dan osteoporosis sangat baik untuk mengurangi gejala gejala penyakit tersebut.

  • bermanfaat dalam penyembuhan luka
Kulit pepaya merupakan solusi alternatif untuk menyembuhkan luka. Cukup tempelkan kulit pepaya pada luka maka dapat membantu menyembuhkannya.

  • membantu menjalankan diet
Pepaya merupakan buah yang memiliki kalori yang rendah serta memiliki kandungan gizi yang tinggi. Mengkonsumsi buah pepaya dengan teratur sangat baik bagi yang sedang menjalankan diet.

  • membantu proses detoksifikasi pada tubuh
Pepaya merupakan solusi ampuh untuk membantu membersihkan racun racun pada tubuh. Mengkonsumsi pepaya secara teratur dapat membantu untuk membersihkan racun racun di dalam tubuh.

  • membantu melancarkan gangguan pencernaan dan mengatasi sembelit
Tingginya kandungan serat pada buah pepaya merupakan solusi yang ampuh untuk yang mengalami gangguan pencernaan, contohnya seperti sembelit. Sembelit memang sangat menyebalkan dan klo itu terjadi segeralah konsumsi buah pepaya maka sembelit pun akan bisa teratasi sehingga pencernaan pun akan lancar kembali.

Selain itu biji buah pepaya juga dapat digunakan sebagai obat cacing yang tentu saja membantu mengurangi resiko penyakit cacingan.

  • bermanfaat untuk kesehatan rambut
Dalam bidang kecantikan pepaya merupakan solusi untuk membantu pertumbuhan rambut dengan cara mengkonsumsinya secara teratur juga dipercaya mampu mengendalikan ketombe yang muncul pada kulit kepala.

  • membantu mencegah penuaan dini
Anti oksidan pada pepaya dapat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang bisa berakibat munculnya banyak masalah pada kulit, seperti halnya keriput, flek dan lain sebagainya.
Kandungan vitamin a, vitamin c dan vitamin e pada pepaya juga sangat bagus untuk melembabkan kulit dan bisa membantu kulit yang kusam kembali cerah dan segar.

  • membantu mengurangi morning sickness pada ibu hamil
Morning sickness memang biasa terjadi pada ibu hamil dan untuk solusi membantu mengatasi morning sickness bisa rutin mengkonsumsi segelas jus pepaya.

  • membantu mengurangi kram menstruasi
Jus buah pepaya dipercaya dapat membantu melancarkan aliran darah pada saat menstruasi.

Pepaya memang buah yang mempunyai banyak manfaat, tidak ada salahnya kita memulai hidup sehat dengan secara rutin mengkonsumsi buah pepaya yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Itulah beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bisa menjadi referensi untuk gaya hidup sehat kita semua dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment