Home » , , » Khasiat dan Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Satu lagi buah yang sangat populer di Indonesia yaitu salak. Buah salak merupakan buah yang gampang ditemukan dimana saja. Selain itu salak juga selalu tersedia dipasaran, hal itu terjadi karena pohon salak berbuah tidak mengenal musim. 

Salak dikenal juga dengan nama snake fruit karena kulit buahnya yang kasar mirip dengan sisik ular. Buah salak memiliki nama latin Salacca Edulis. Buah yang memiliki rasa manis, asam dan agak sepat ini banyak diolah menjadi makanan seperti manisan, salad, keripik dan lain sebagainya.

buah salak
Buah Salak

Selain itu salak juga dipercaya mempunyai berbagai macam khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal itu terjadi karena salak mempunyai kandungan nutrisi yang beraneka ragam yang baik untuk penunjang kesehatan tubuh. 

Kandungan nutrisi pada 100 gram buah salak terdiri dari karbohidrat 20.9 gram, kalori 77 kal, protein 0.40 gram, fosfor 18 mg, kalsium 28 mg, zat besi 4.2 mg, air 750 mg, vitamin C 2 mg dan vitamin B 0.04 mg. Disamping kandungan nutrisi diatas salak juga mengandung beta karoten, tiamin, saponin dan tanin. 

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap dan beraneka ragam tersebut bisa dipastikan salak memiliki berbagai khasiat yang baik untuk tubuh. Seperti contohnya berkhasiat menyembuhkan diare, baik untuk otak dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya mengenai khasiat dan manfaat buah salak untuk kesehatan dapat disimak pada uraian dibawah ini :

  • Berkhasiat Mengobati Diare
Kandungan tanin pada salak sangat efektif untuk mengobati diare. Dengan cara mengkonsumsi sebanyak 20 gram buah salak muda niscaya akan menghentikan diare.

Selain itu banyak orang beranggapan salak dapat menyebabkan susah buang air besar. Tetapi anggapan tersebut tidaklah benar. Menurut F.X Wahyurin Mintano, seorang ahli gizi dari RSUD dr Soetomo menyebutkan bahwa mengkonsumsi buah salak dengan kulit tipis (kulit ari) yang menempel pada buah dapat membantu melancarkan buang air besar. Karena pada kulit tipis tersebut mengandung serat yang tinggi. 

Sebagai catatan untuk ibu hamil sebaiknya hindari makan buah salak karena bisa mengakibatkan sulit buang air besar atau konstipasi. Tips apabila tetap ingin makan buah salak buat ibu hamil adalah jangan buang kulit tipis yang melekat pada buah salak karena pada kulit tipis tersebut mengandung serat yang cukup tinggi dimana dapat membantu melancarkan buang air besar.

  • Berkhasiat Menyehatkan Indera Penglihatan
Buah salak mengandung beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan mata. Menurut Nurfi Afriansyah, MSc peneliti dari pusat litbang gizi serta makanan departemen kesehatan RI menyebutkan bahwa dari 100 gram buah salak memiliki kandungan beta karoten lebih banyak 5 kali kandungannya dibanding kandungan beta karoten pada mangga, 3 kali lebih banyak dari jambu biji dan 5 kali lebih banyak dari semangka merah.

Dengan demikian bisa disimpulkan salak sangat baik untuk menunjang kesehatan indera penglihatan.

baca juga : Khasiat Luar Biasa dari Jambu Biji

  • Sangat Baik untuk Otak 
Salak merupakan buah yang memiliki kandungan potasium dan juga pektin yang tinggi. Penelitian menyebutkan bahwa buah salak dapat meningkatkan kinerja otak karena kandungan potasiumnya yang tinggi. Potasium dapat dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom (SSO) yang merupakan sistem saraf pengendali jantung, meningkatkan fungsi otak dan proses proses fisiologi penting lainnya.

baca juga : Inilah Manfaat Kol (Kubis) Bagi Kesehatan dan Kecantikan

  • Membantu Menurunkan Berat Badan
Buah salak mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu perut merasa kenyang lebih lama. Hal tersebut bisa menghindari makan dalam porsi besar.

baca juga : 13 Khasiat Luar Biasa Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Berkhasiat Mencegah Kanker
Telah disebutkan diatas bahwa salak mengandung pektin. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal "Integrative Cancer Therapies" yang menyebutkan bahwa pektin berpotensi untuk dapat mencegah dan mengobati kanker prostat. Cara kerja pektin yang menghambat proses reproduksi sel sel kanker dan menurunkan resiko terjadinya apoptosis.

baca juga : Cegah Kanker, Jantung dan Diabetes dengan Buah Ceplukan

Nah itulah khasiat dan manfaat buah salak yang penting untuk kesehatan semoga menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.        

0 komentar:

Post a Comment