Home » , , , , , » Berbagai Macam Khasiat Jambu Monyet

Berbagai Macam Khasiat Jambu Monyet

Berbagai Macam Khasiat Jambu Monyet. Jambu Monyet atau lebih dikenal juga dengan nama jambu mete merupakan tanaman yang berasal dari Brasil. Tanaman yang termasuk ke dalam suku anacardiaceae dan memiliki nama latin Anacardium Occidantale ini mempunyai buah yang dapat dimakan. Jambu monyet juga terkenal akan bijinya yang biasa disebut kacang mete. Kacang mete merupakan biji dari jambu monyet yang biasa diolah menjadi makanan camilan sehari-hari.

Jambu Monyet
Jambu Monyet

Menariknya, Jambu monyet secara botani bukan termasuk ke dalam suku Myrtaceae atau suku jambu-jambuan maupun suku Fabaceae atau suku kacang-kacangan tetapi jambu monyet lebih dekat kekerabatannya ke buah mangga atau suku anacardiaceae.

Jambu Monyet dipercaya memiliki khasiat yang dapat mengobati beberapa macam penyakit. Menurut penelitian yang dilakukan oleh European Food Research, hasil penelitiannya menyebutkan bahwa kandungan vitamin C pada jambu monyet lebih banyak empat kali lipat dibandingkan dengan kandungan vitamin C pada buah jeruk. Seperti kita ketahui bersama buah jeruk bisa disebut sebagai gudangnya kandungan vitamin C dibanding dengan buah-buahan yang lainnya.


Selain Kandungan vitamin C nya yang tinggi, jambu monyet juga banyak sekali mengandung senyawa-senyawa kimia yang bisa berkhasiat sebagai antibakteri dan antiseptik. Contohnya seperti tanim anacardic acid dan cordol. 

Kulit kayu pada pohon jambu monyet mengandung asam galat, zat samak, ginkol katekin dan tannin yang cukup banyak. Biji jambu monyet atau yang lebih kita kenal sebagai mete mengandung sedikitnya 40-50% minyak dan 21% protein. Minyak pada jambu monyet terdiri dari kandungan asam linoleat, asam oleat dan vitamin E. Getah jambu monyet pun mengandung senyawa kimia yaitu urushiol yang dapat digunakan untuk menghapus tato. Tetapi harap berhati-hati terhadap getah jambu monyet karena bisa mengakinatkan iritasi pada kulit.

Kandungan senyawa lainnya pada jambu monyet adalah asam anakardat yang berfungsi sebagai bakterisidal atau dapat membunuh bakteri. Senyawa lainnya adalah fungisidal yang dapat mematikan cacing dan protozoa.

Dengan banyaknya kandungan senyawa-senyawa kimia tersebut, jambu monyet merupakan buah yang memiliki beraneka ragam khasiat khususnya di bidang kesehatan. Khasiat-khasiat jambu monyet diantaraya adalah : 

  • Kulit kayu jambu monyet berkhasiat untuk mengobati 
  1. Kencing manis
  2. Sering buang air kecil
  3. Sariawan
  4. Sembelit
  5. Jerawatan
  6. Disentri
  • Biji jambu monyet berkhasiat untuk mengobati
  1. Radang mulut rahim
  2. Radang gusi
  3. Sakit gigi
  4. Berat badan kurang
  5. Gigitan ular berbisa
  • Minyak pada biji jambu monyet berkhasiat untuk mengobati
  1. Borok
  2. Ruam kuku
  3. Psoriasis (penyakit yang menyerang kulit)
  4. Keracunan makanan
  • Kulit biji jambu monyet berkhasiat untuk mengobati
  1. Kanker kulit
  2. Membersihkan karang gigi
  • Daun muda jambu monyet berkhasiat untuk mengobati
  1. Kencing manis
  2. Hipertensi atau tekanan darah tinggi
  3. Rematik
  4. Malaria


Nah itulah khasiat-khasiat yang dapat diambil pada jambu monyet. Atas dasar jambu monyet mengandung banyaknya senyawa-senyawa kimia yang sangat berkhasiat banyak yang mengaplikasikannya sebagai obat herbal atau obat tradisional.

Contoh pemakaian obat herbal berbahan jambu monyet seperti dibawah ini :

  • Mengobati kencing manis atau diabetes mellitus
Ambil dua potong kulit pohon jambu monyet dan adas pulawaras (sejenis tanaman obat) secukupnya kemudian rebus dua bahan tersebut dengan air sebanyak dua liter sampai mendidih lalu saring airnya dan penggunaannya dengan cara minum dua kali sehari pagi dan sore secara teratur.

  • Mengobati Radang Mulut
Ambil satu potong kulit batang pohon jambu monyet dan satu genggam daun jambu monyet kemudian rebus dua ramuan tersebut kedalam air sebanyak satu liter sampai mendidih lalu saring dan minum air hasil saringan tadi sebanyak dua kali sehari pagi dan sore secara teratur.

  • Mengobati Disentri
Untuk mengobati disentri, ambil satu potong kulit batang pohon jambu monyet dan satu genggam daun jambu monyet, seperti biasa rebus kedua bahan ramuan tersebut kedalam air sebanyak satu setengah liter sampai mendidih lalu kemudian setelah mendidih saring dan air saringannya minum dua kali sehari pagi dan sore secara teratur.

Dan masih banyak lagi cara cara pengaplikasian jambu monyet dalam pengobatan secara tradisional dan alami. Dan jangan lupa selalu konsultasikan dengan para ahli dalam melakukan pengobatan secara tradisional tersebut supaya hasilnya bisa maksimal.

Nah itulah khasiat-khasiat dari jambu monyet beserta cara pengaplikasiannya dalam pengobatan secara tradisional semoga bisa menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat secara alami sehari-hari dan tak lupa untuk kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment