Home » , , , , , , , » Inilah Manfaat Kol (Kubis) Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Inilah Manfaat Kol (Kubis) Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kubis atau Kol Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Kubis atau kol merupakan sayuran yang sering kita temui dan konsumsi sehari hari. Baik itu sebagai lalapan maupun dimasak sebagai sayur. Sayuran ini gampang sekali dijumpai. Kol memiliki bentuk yang bulat yang terdiri dari lapisan-lapisan daun. Daun bagian luar kol berwarna kehijauan sedangkan bagian dalam daun kol berwarna putih dan biasanya bagian dalam daun kol inilah yang dipakai untuk memasak sayur.

kol atau kubis
Kol atau Kubis

Kol memiliki nama latin Brassica Oleracea. Sayuran ini bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai lalapan pelengkap sambal atau bisa dicincang dibuat tumis dan banyak juga digunakan sebagai pelengkap sayur sop dan masih banyak lagi olahan olahan dari sayuran yang bernama kol ini.

Seperti jenis sayuran yang lainnya kol juga memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan serat. Diantaranya kandungan-kandungan yang terdapat pada kol adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan juga mengandung asam folat. Selain itu kol juga mengandung zat besi, kalsium, kalium, sulfur dan magnesium. Didalam kol sebanyak 70 gram terdapat kandungan 4.3 gram karbohidrat, 0.1 gram lemak, 2.2 gram serat dan 15 kalori.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada kol maka banyak pula manfaat dan khasiat kol untuk kecantikan dan kesehatan. Diantaranya adalah : 

Manfaat dan Khasiat Kol Bagi Kesehatan

Manfaat kol yang dapat kita ambil untuk kesehatan diantaranya :

  • Kesehatan Otak
Kandungan vitamin K dan anthocyanins pada kol dapat membantu menjaga kondisi otak dan juga dapat konsentrasi dan meningkatkan daya ingat. Selain itu kedua nutrisi tersebut juga dapat mencegah terjadinya kerusakan saraf dan membantu mengurangi terkenanya resiko penyakit alzheimer dan bahkan dapat menyembuhkan alzheimer.

  • Mengeluarkan Racun dalam Tubuh
Kandungan vitamin C dan sulfur pada kol yang cukup tinggi dapat bermanfaat dalam membantu proses detosifikasi dalam tubuh. Sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit seperti asam urat, penyakit kulit, rematik dan arthtiris.

  • Mencegah Kanker
Dalam beberapa penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa kol memiliki kemampuan untuk mencegah timbulnya sel-sel kanker terutama kanker payudara. Kandungan sinigrin, lupeol dan sulporaphane dalam kol efektif dalam menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah dalam Tubuh
Didalam kol mengandung potasium yang mampu melebarkan pembuluh darah di dalam tubuh sehingga membuat aliran darah tetap lancar dan bisa terhindar dari resiko penyakit jantung dan stroke.

  • Mengatasi Sakit Kepala
Kol dalam waktu yang lama telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk sakit kepala. Dalam gal ini pengobatannya dengan cara kol diblender sampai halus kemudian dibungkus dengan kain yang bersih lalu kompreskan di dahi penderita sakit kepala.

  • Menjaga Mata tetap Sehat
Kandungan vitamin A pada kol ternyata sangat tinggi sehingga sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi kol secara teratur dapat menjaga mata kita tetap sehat.

  • Obat Sariawan
Rutin mengkonsumsi jus kol secara teratur dapat bermanfaat menyembuhkan sariawan. Hal ini disebabkan karena kandungan zat glutamine pada kol efektif untuk mencegah timbulnya sariawan.


  • Melancarkan Pencernaan
Sama seperti halnya buah pepaya, kol berkhasiat dalam melancarkan pencernaan dan juga efektif mengatasi sembelit. Hal ini bisa terjadi karena kol mengandung sulfur dan senyawa mineral lainnya.


  • Melancarkan Metabolisme dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kol kaya akan kandungan vitamin E yang berkhasiat untuk melancarkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan vitamin E yang tinggi pada kol bisa membantu memperbaiki kerusakan pada jaringan sel dalam tubuh.

Selain manfaat manfaat kol bagi kesehatan tubuh seperti telah diuraikan diatas, kol juga sangat berkhasiat dalam menjaga kecantikan. Berikut ini uraian manfaat kol bagi kecantikan.

Manfaat Kol Untuk Kecantikan

  1. Kol dapat membantu menurunkan berat badan. Rendahnya kalori dan tingginya kandungan serat pada kol sangat baik untuk membantu mengurangi kelebihan lemak pada tubuh.
  2. Kandungan antioksidan serta vitamin C pada kol dapat menjaga kulit supaya tetap awet muda dan dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Kandungan vitamin E dalam kol juga sangat berkhasiat untuk kulit.
  3. Kandungan sulfur pada kol sangat efektif untuk melawan infeksi bakteri penyebab timbulnya jerawat dan timbulnya jamur. 

Selain banyaknya manfaat dan khasiat yang dapat kita ambil dari kol terdapat efek samping apabila mengkonsumsi kol terlalu banyak. Kandungan sulfur yang tinggi pada kol bisa menyebabkan gas dalam perut. Bagi yang mempunyai riwayat gangguan asam lambung disarankan berhati-hati dalam mengkonsumsi kol.

Sekian manfaat kol atau kubis yang dapat kita ambil untuk kesehatan dan kecantikan, semoga bisa menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat secara alami. Untuk kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment