Home » , , , , , , , » Cegah Kanker, Jantung dan Diabetes dengan Buah Ceplukan

Cegah Kanker, Jantung dan Diabetes dengan Buah Ceplukan

Ceplukan atau ciplukan bagi sebagian orang mungkin baru mendengar nama buah ini. Buah kecil yang ketika kondisinya matang tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Di luar negeri buah ini dikenal dengan nama golden berries sedangkan di beberapa daerah di Indonesia buah kecil kaya manfaat ini dikenal dengan nama cecendet, nyurnyuran dan kopok-kopokan.

buah ciplukan
Buah Ceplukan

Buah yang mempunyai nama latin Physalis Angulata ini pada umumnya tumbuh liar di tegalan sawah, kebun dan tepian hutan. Bentuk buah ceplukan adalah bulat sedikit memanjang dengan diameter 1.5 sampai 2 cm berwarna kuning ketika matang dan terbungkus kelopak berbentuk lonjong berujung lancip yang menggelembung. Rasa manis yang dihasilkan oleh buah ini sangat digemari oleh anak-anak.

Seluruh bagian tumbuhan ini dari bagian akar sampai daun dipercaya dan digunakan sebagai obat tradisional oleh berbagai generasi secara turun temurun. Menurut organicfacts terdapat beberapa khasiat yang bisa didapat dari buah ceplukan ini diantaranya adalah mampu menurunkan berat badan, detoksifikasi tubuh, mencegah diabetes, mengoptimalkan fungsi ginjal, mengurangi peradangan, mencegah penyakit degeneratif tertentu, meningkatkan kesehatan jantung dan memaksimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Khasiat khasiat tersebut diatas bisa timbul karena adanya berbagai macam kandungan nutrisi yang bermanfaat pada buah ceplukan. Buah ceplukan mengandung kadar kalori yang rendah serta berbagai macam vitamin dan mineral. Namun nilai sesungguhnya dari buah ini adalah kandungan anti-oksidannya yang tinggi. Karena ceplukan mengandung sebagian besar polifenol dan karotenoid yang merupakan elemen kuat untuk kesehatan tubuh.

Untuk lebih jelasnya mengenai khasiat dan manfaat buah ceplukan bisa kita simak uraian uraian dibawah ini :

  • Sebagai Anti-Oksidan
Khasiat yang paling utama dari buah ceplukan ini sangat ampuh sebagai anti-oksidan. Ceplukan merupakan suplemen gizi yang ideal untuk mencegah penyakit penyakit kronis tertentu, termasuk beberapa jenis kanker. Kandungan anti-oksidan seperti karotenoid dan polifenol dapat menetralisir akibat dari radikal bebas yang dapat merusak metabolisme sel dalam tubuh yang dapat mengakibatkan sel sel sehat bermutasi menjadi kanker.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa polifenol berkhasiat dapat menghentikan penyebaran berbagai jenis kanker.


  • Sebagai Anti-Inflamasi
Salah satu khasiat lain dari antioksidan adalah dapat mengurangi peradangan. Senyawa anti-inflamasi pada buah ceplukan dapat meredakan radang sendi, encok, nyeri otot bahkan wasir. Peradangan pada arteri dan pembuluh darah sangat berbahaya bagi kesehatan sistem kardiovaskular, dengan buah ceplukan yang mampu mengurangi peradangan pada arteri dan pembuluh darah maka dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara mengurangi ketegangan pada sistem tersebut dan mencegah perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

Selain itu ceplukan juga berkhasiat efektif menurunkan tekanan darah sehingga bisa terhindar dari gejala hipertensi.

baca juga : Pepaya dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Membantu Menurunkan Berat Badan
Sebagai buah yang rendah kalori, ceplukan hanya memiliki 53 kalori per 100 gram. Buah ceplukan merupakan alternatif yang tepat untuk menurunkan berat badan.


  • Asam Lemak
Banyak orang berpikir, lemak mempunyai efek buruk untuk kesehatan tubuh dan itu tidaklah salah. Tetapi tubuh juga memerlukan lemak yang berupa asam lemak essensial untuk berbagai proses alami di dalam tubuh. Sebagai contohnya kandungan asam oleat dan asam linoleat pada buah ceplukan berkhasiat menurunkan jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh.

  • Mengandung Senyawa Withanolide
Withanolide merupakan suatu senyawa yang cukup langka, menurut organicfacts senyawa withanolide merupakan senyawa yang unik mirip dengan yang ditemukan pada gingseng. Fungsinya sebagai anti-oksidan dan anti-inflamasi yang kuat sehingga dapat mencegah apoptosis atau matinya sel secara terprogram dan dapat memperlambat bahkan membalikan penyebaran sel sel kanker didalam tubuh.

  • Berkhasiat Mencegah Diabetes
Fluktuasi gula darah yang drastis merupakan penyebab utama diabetes. Beberapa senyawa yang terkandung dalam buah ceplukan dapat memperlambat kerusakan dan asupan gula dari karbohidrat. Hal ini dapat mencegah tubuh dan aliran darah dibanjiri oleh gula sehingga reseptor insulin dapat berfungsi dengan benar. Dan buah ceplukan merupakan metode pencegahan yang efektif untuk penyakit diabetes.

baca juga : Berbagai Macam Khasiat Jambu Monyet 

  • Menyehatkan Indera Penglihatan
Kandungan karotenoid pada buah ceplukan yang tinggi mampu meningkatkan kesehatan mata. Karotenoid khususnya berkhasiat menghilangkan stres oksidatif pada sistem mata, mencegah penyakit katarak dan memperlambat timbulnya degenerasi makula.

baca juga : Khasiat Luar Biasa dari Jambu Biji

  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Buah ceplukan juga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C atau asam askorbat dapat merangsang produksi sel sel darah putih dan memiliki sifat anti-oksidan. Selain itu vitamin C juga merupakan elemen kunci dalam memproduksi kolagen yang berfungsi untuk memperbaiki dan menghasilkan sel-sel, jaringan dan pembuluh darah.

baca juga : Lengkap Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nah itulah khasiat dan manfaat buah ceplukan walaupun buahnya kecil tetapi memiliki khasiat yang sangat hebat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang berbahaya. Semoga menjadi informasi dalam menjalani hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.  

0 komentar:

Post a Comment