Home » , , , » Khasiat Khasiat Jambu Air yang Jarang Diketahui

Khasiat Khasiat Jambu Air yang Jarang Diketahui

Khasiat Khasiat Jambu Air yang Jarang Diketahui. Jambu air merupakan tanaman yang cukup populer di Indonesia selain jambu biji. Tanaman yang termasuk kedalam suku myrtaceae atau suku jambu-jambuan dan memiliki nama latin Syzygium Aqueum ini cukup mudah tumbuh di wilayah wilayah tropis seperti Indonesia. Hal tersebut bisa dipastikan karena memang asal dari tanaman jambu air itu sendiri pun dari asia tenggara.

jambu air
Jambu Air

Buahnya yang berbentuk bulat memanjang pada bagian luarnya ada yang berwarna merah dan ada juga yang berwarna putih dengan dagingnya berwarna putih. Rasa dari buah jambu air yang asam manis sangat cocok untuk dijadikan olahan rujak, salad, manisan dan bisa juga dimakan langsung.

Sesuai dengan namanya jambu air memang mempunyai kandungan air yang tinggi pada setiap buahnya. Karena itu banyak orang yang memanfaatkan jambu air sebagai pelepas rasa haus yang memang bisa membuat tubuh terasa kembali segar setelah mengkonsumsi buah ini. 

Selain memiliki kandungan air yang tinggi pada buahnya, jambu air ini juga mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi yang lainnya. Kandungan kandungan nutrisi dan senyawa yang terkandung didalam buah ini diantaranya adalah : 
  1. karbohidrat
  2. kalsium
  3. protein
  4. zat besi
  5. potasium
  6. zinc
  7. magnesium
  8. asam sitrat
  9. copper
  10. serat
  11. fosfor
  12. vitamin C
  13. vitamin A
  14. thiamin
  15. niacin
  16. riboflavin
  17. dan masih banyak lagi.
Dengan banyaknya kandungan nutrisi dan senyawa tersebut maka banyak pula khasiat khasiat yang terdapat pada jambu biji bagi kesehatan tubuh. Khasiat khasiat yang dapat ditemukan pada jambu biji untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah :

  • Berkhasiat Mencegah dan Mengobati Diabetes
Seperti halnya jambu monyet, jambu air juga berkhasiat untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes. Kandungan glukosa pada jambu air yang biasa disebut juga jamboline efektif dalam melawan diabetes. Jamboline tersebut dalam pemakaiannya setelah dikeringkan kemudian ditumbuk sampai halus lalu dicampur dengan air kemudian air tersebut diminum 3 sampai 4 kali dalam sehari sangat efektif mengurangi kandungan kadar gula dalam urin.

  • Berkhasiat Menjaga Kesehatan Mata
Seperti yang telah kita ketahui, vitamin A sangat baik khasiatnya untuk mata. Dalam hal ini kandungan vitamin A pada jambu biji mampu menjaga indera penglihatan tetap sehat. 

  • Berkhasiat Membantu Meningkatkan Kesuburan
Kandungan vitamin C pada jambu air selain berkhasiat untuk mencegah timbulnya gejala penyakit pada mulut seperti sariawan dan lain sebagainya, vitamin C pada jambu biji berfungsi juga sebagai antioksidan yang dapat menjaga sel sel didalam tubuh tetap sehat dan juga mampu memperbaiki sel sel sperma yang rusak.


  • Mencegah Dehidrasi
Seperti telah diuraikan diatas tadi bahwa jambu air memiliki kandungan air yang banyak pada buahnya. Kandungan air dalam jambu air sebanyak 100 gram kandungan airnya saja bisa mencakup 93% dari jumlah sebanyak itu sehingga sangat efektif untuk mencegah dehidrasi pada tubuh.

Selain khasiat khasiat dari jambu air yang telah diuraikan diatas masih banyak khasiat khasiat yang bisa didapatkan dari jambu biji diantaranya berkhasiat untuk melawan kanker, menjaga sistem daya tahan tubuh dan banyak lagi.

Nah itulah informasi mengenai khasiat khasiat dari jambu air yang dikumpulkan dari berbagai sumber, semoga bisa menjadi informasi dala menjalankan hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment