Home » » Cara Simpel Menjaga Kesegaran Buah

Cara Simpel Menjaga Kesegaran Buah

Ketika kita mengkonsumsi buah-buahan, buah yang sudah dikupas dan dipotong baiknya langsung kita makan dan tidak untuk disimpan kembali. Hal tersebut bisa mengakibatkan terjadinya proses oksidasi pada buah sehingga buah menjadi layu, berubah warna dan tidak lagi segar. Karena itu dalam hal penyimpanan buah yang sudah dikupas atau dipotong diperlukan cara yang tepat supaya buah tersebut bisa tetap segar.
  
Buah Segar
Buah-Buahan Segar


Proses oksidasi definisinya adalah terjadinya interaksi antara dua zat atau lebih dengan molekul oksigen. Secara teknisnya oksidasi bisa terjadi karena hilangnya paling sedikit satu elektron akibat terjadinya interaksi antara dua zat atau lebih.

Buah-buahan sangat gampang teroksidasi atau dengan kata lain sangat mudah berubah warna menjadi kecoklatan, contohnya pada apel dan pisang yang sudah kita kupas.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi dan tetap menjaga kesegarannya pada buah ada beberapa cara mudah dan simpel yang dapat kita lakukan seperti yang di ungkapkan oleh detikfood dan liputan6 health mulai dari menjaga kesegaran apel sampai cara mengupas mangga yang simpel.

  • Menjaga kesegaran Apel
Apel merupakan salah satu buah yang sangat mudah teroksidasi apabila sudah dipotong atau dikupas, ciri apel sudah teroksidasi adalah warnanya berubah menjadi kecoklatan. Untuk mengatasinya setelah apel dipotong rekatkan kembali potongan apel tadi dengan memakai karet gelang.

Cara kedua, gunakan air perasan jeruk lemon kemudian oleskan pada potongan apel tadi. Hal tersebut bisa membuat warna daging buah apel tidak berubah dan tetap segar.


  • Menjaga kesegaran jambu  

Jambu biji juga termasuk buah yang gampang terkena oksidasi. Hal itu terjadi karena kandungan zat besi pada jambu biji yang tinggi. Sama seperti cara kedua pada apel diatas, olesi jambu biji yang telah dipotong dengan air perasan jeruk lemon maka akan membuatnya tetap segar. 

  • Mencopot daun pada Strawberry
Ujung strawberry tidak perlu dipotong atau mencopot satu satu hanya untuk menghilangkan daunnya, cukup ambil sebuah sedotan dan potong ujungnya menjadi sedikit tajam lalu tusuk dari bagian bawah strawberrynya.


  • Menjaga kesegaran alpukat
Alpukat apabila sudah dipotong dan didiamkan maka warna dagingnya akan berubah. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan cara sama seperti pada apel dan jambu tadi olesi dengan air perasan jeruk lemon lalu masukan ke dalam wadah kedap udara kemudian masukan ke dalam kulkas. Maka alpukat pun bisa bertahan kesegarannya selama beberapa hari.  


  • Mengupas buah kiwi
Tidak perlu repot untuk mengupas buah kiwi. Tinggal potong sedikit pada ujung bagian bawah dan atas buah kiwi lalu pakailah sendok dengan cara mengitari bagian pinggirannya untuk memisahkan kulit dan buahnya.

  •  Menjaga kesegaran Pisang
Pisang juga merupakan salah satu buah yang mudah teroksidasi. Untuk menjaga biar tidak cepat berubah warna menjadi kecoklatan, bungkus bonggol pisang menggunakan plastik maka kesegarannya bisa bertahan lebih lama.

  • Menjaga kesegaran lemon
Jeruk lemon apabila sudah dipotong dan didiamkan maka akan terlihat layu dan kandungan airnya pun berkurang. Cara mengatasinya adalah dengan cara masukan potongan jeruk lemon ke dalam plastik kemudian ikat dengan kencang. Cara tersebut bisa membuat lemon tetap segar dan kandungan airnya pun tidak berkurang.

  • Mengambil biji cherry
Sama seperti cara menghilangkan daun strawberry diatas, ambil sedotan atau moncong pipa semprot kecil dan dorong biji cherry dari bawah ke atas.

  • Mengupas mangga
Cara ini hanya bisa dilakukan pada mangga yang tidak berbiji. Potong mangga menjadi dua bagian lalu serut daging mangga dengan pinggiran gelas.

  • Menjaga kesegaran semangka
Sama seperti pada alpukat, cukup masukan semangka pada wadah kedap udara maka kandungan air dan kesegarannya pun akan tetap terjaga.

Nah, itulah cara cara simpel dalam menjaga kesegaran buah mudah mudahan bisa tetap menjaga buah buahan yang akan dikonsumsi tetap segar sehingga bisa kita ambil khasiatnya untuk menjalani hidup sehat secara alami. 

0 komentar:

Post a Comment