Home » , , , , » 7 Khasiat Ampuh dari Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

7 Khasiat Ampuh dari Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pisang merupakan buah yang sangat populer di Indonesia. Buah yang sangat mudah didapat ini memang mempunyai beraneka ragam cara untuk diolah menjadi makanan sehat untuk dikonsumsi. Bisa dimakan langsung ketika sudah matang, digoreng atau dicampur coklat juga akan terasa enak.

Buah yang memiliki nama latin Musa Paradisiaca ini biasa tumbuh pada iklim tropis panas dan lembab. Tidak mengherankan pisang sangat baik tumbuh di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Indonesia juga dikenal termasuk sebagai negara utama dalam hal pengekspor pisang. Di Indonesia sendiri pisang mempunyai banyak macam jenis diantaranya pisang raja, pisang ambon, pisang tanduk, pisang kepok dan lain sebagainya.

buah pisang
Pisang

Pisang juga merupakan buah yang kaya nutrisi. Menurut Laura Flores, ahli nutrisi asal San Diego Amerika Serikat, pisang memiliki kandungan kalium, serat, pektin, magnesium, vitamin C, vitamin B6 yang tinggi. Selain itu masih menurut Laura Flores, kandungan antioksidan yang tinggi pada pisang sangat berkhasiat mencegah radikal bebas dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Nah, seperti bisa disimpulkan kaya nutrisi maka kaya pula manfaat dan khasiat yang bisa diambil dari buah yang bernama pisang ini. Berikut ini kandungan, khasiat dan manfaat yang dapat diambil dari mengkonsumsi pisang setiap hari diantaranya adalah : 

  • Kaya Akan Kalium dan Khasiatnya
Pisang seperti telah disebutkan oleh Laura Flores tadi, merupakan buah yang mempunyai kandungan kalium yang tinggi. Kalium merupakan nutrisi penting untuk tubuh karena dapat membantu mengatur tekanan darah di dalam tubuh sehingga dapat menjaga jantung tetap berfungsi dengan sehat.

Kandungan Kalium pada pisang juga efektif memberikan stimulun atau rangsangan pada otak sehingga bisa meningkatkan konsentrasi. 

Selain itu kalium juga sangat baik untuk tulang. Hal tersebut disebabkan karena kalium membantu mengurangi ekskresi kalsium dan juga berkhasiat untuk mencegah osteoporosis dan menjaga tulang tetap kuat pada usia lanjut.


  • Tingginya Kandungan Serat dan Khasiatnya 
Serat merupakan nutrisi yang berkhasiat untuk membantu organ pencernaan tetap sehat. Organ pencernaan merupakan organ yang sangat vital sehingga apabila terganggu maka sangat rentan terkena berbagai macam penyakit. Ciri organ pencernaan yang sehat adalah dengan buang air besar secara teratur. Serat pada pisang kandungannya sangat tinggi sehingga dapat efektif membantu mengatasi masalah yang mengganggu pada organ pencernaan, seperti contohnya sembelit, diare dan lain sebagainya.


  • Berkhasiat sebagai Obat Maag Alami
Seperti telah diuraikan diatas, pisang mempunyai kandungan serat yang tinggi. Serat pada pisang berkhasiat membantu meringankan dan mengatasi gejala sakit maag. Hal ini disebabkan terdapat suatu senyawa pada pisang yang dapat menciptakan pelindung tebal pada lambung sehingga tahan terhadap efek yang merusak akibat lebihnya kandungan asam klorida didalam lambung.

Pisang juga mengandung inhibitor protease yang mampu membantu menangani dan mencegah infeksi yang ditimbulkan oleh virus dan bakteri yang ada didalam perut. 

  • Kulit Pisang Berkhasiat untuk Mengobati Masalah Kulit dan Rambut 
Jangan buang kulit pisang karena itu bisa bermanfaat. Kulit pisang dapat digunakan untuk mengatasi masalah-masalah kulit dan rambut seperti contohnya jerawat dan psoriasis. Untuk masalah rambut gunakan kulit pisang dengan campuran beberapa bahan alami lainnya seprti madu dan sebagainya buat masker pada rambut. Hal ini dipercaya dapat berkhasiat untuk mengatasi rambut kusam, rontok dan lain sebagainya.

  • Berkhasiat Menjaga Kesehatan Mata
Pisang mengandung sejumlah vitamin A yang larut di dalam lemak dan fungsinya sangat penting untuk menjaga indera penglihatan tetap sehat. Vitamin A pada pisang juga berkhasiat menjaga membran yang mengelilingi mata tetap sehat. Dengan mengkonsumsi pisang secara teratur bisa mengurangi resiko kebutaan.


  • Berkhasiat Mengurangi Stress
Pisang mempunyai kandungan dan merupakan sumber dari senyawa yang bernama triptofan. Triptofan apabila dilepaskan kedalam aliran darah dapat mengkonversi menjadi hormon yang baik yaitu serotonin. Kadar serotonin yang baik pada tubuh dapat mengatasi tingkat stress dan membuat suasana hati menjadi baik.

  • Berkhasiat Meningkatkan Sel Sel Darah Putih
Pisang juga mempunyai kandungan senyawa yang bernama cytolisin. Senyawa tersebut diyakini mampu meningkatkan sel sel darah putih yang mempunyai peranan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Manfaat mengkonsumsi buah pisang memang sangat banyak sekali, selain hal hal diatas pisang juga sangat baik untuk ibu hamil dan pada anak bayi.

Itulah khasiat khasiat dari buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan semoga menjadi informasi dalam menjalani hidup sehat alami sehari-hari dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment