Home » , , , , » Lengkap Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lengkap Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Jeruk nipis atau dalam nama latinnya Citrus Aurantifolia merupakan buah yang telah kita kenal sehari-hari. Buah yang dikenal rasanya asam, pahit dan agak dingin ini dipercaya mempunyai banyak khasiat yang bermacam macam.

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis juga dapat kita manfaatkan sebagai penyedap pada masakan, minuman penyegar, bahan dasar pembuat asam sitrat dan sangat ampuh untuk membersihkan karat karat pada permukaan logam dan permukaan kulit yang kotor. Pada kehidupan sehari-hari jeruk nipis juga biasa dipakai untuk campuran pada jamu.

Sebagai obat herbal alami, jeruk nipis sangat berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energi, obat untuk batuk, mencairkan dahak atau mukolitik, melancarkan kencing atau diuretik dan keringat, serta sangat efektif dalam melancarkan pencernaan.

Kandungan minyak terbang pada jeruk nipis yaitu linarol dan limonene, juga terdapat flavonoid seperti hesperidine, poncirin, narigin dan rhoifolin. Sedangkan kandungan pada buah jeruk nipis yang sudah masak adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin C, besi, fosfor, kalsium, synephrine, methyltyramine dan asam sitrat. 

Kandungan asam sitrat pada buah jeruk nipis ini mampu mencegah kambuh laginya pada pasien yang telah dioperasi batu ginjal.

Dr Setiawan Dalimartha dari Hiptri (Himpunan Pengobatan Tradisioal dan Akupuntur Indonesia) dan Hj Sarah Kriswanti seorang pakar herbalis yang diterbitkan oleh kompas health memberikan tips tips tentang bagaimana manfaat jeruk nipis sebagai obat herbal alami untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tips tipsnya sebagai berikut :

  • Pada penyakit ambeien  
Ambil 10gr akar pohon jeruk nipis lalu dicuci sampai bersih, setelahnya rebus akar tersebut dengan air sebanyak 1 liter selama setengah jam, kemudian saring. Minum pada waktu masih hangat 3 kali sehari secara teratur.

  • Pengobatan Penyakit Amandel
Ambil 3 buah kulit jeruk nipis, cuci sampai bersih kemudian potong potong lalu rebus dengan air sebanyak 2 gelas sampai sisa air mencapai 3/4 nya dan saring. Air rebusan tersebut dipakai dengan cara kumur kumur. Lakukan 3 sampai 4 kali sehari.

  • Anyang Angyangan (Nyeri Buang Air Kecil)
Ambil 2 buah jeruk nipis kemudian diperas lalu kasih tambah gula batu secukupnya dicampur didalam air panas kemudian aduk rata. Minum selagi hangat sekali sehari.

  • Pengobatan pada Batuk
Ambil satu buah jeruk nipis lalu dicuci sampai bersih kemudian peras. Air perasan jeruk nipis tadi campur dengan satu sendok makan madu dan sedikit garam, aduk rata kemudian saring. Minum 2 sampai 3 kali secara teratur sampai batuknya hilang. Air perasan jeruk nipis tadi juga bisa ditambah dengan gula batu, diasuk sampai rata dan minum 1 kali sehari secara teratur sampai batuknya sembuh.

  • Pengobatan Batuk disertai Flu
Ambil satu buah jeruk nipis masak yang mengandung air yang cukup banyak dan kemudian potong lalu peras. Air perasan jeruk nipis tadi seduh dengan 60 cc air panas tambahkan juga setengah sendok teh air kapur sirih aduk hingga rata. Minum ramuannya 2 kali sehari 2 sendok makan secara teratur.

  • Mengatasi Bau Badan  
Ada dua macam cara mengatasi bau badan dengan jeruk nipis.

Cara pertama :
Ambil Jeruk nipis yang cukup besar kemudian potong jadi dua bagian, olesi pada bagian yang dipotong dengan kapur sirih tipis tipis kemudian oleskan ke ketiak setelah mandi diamkan selama lima menit lalu bilas. Lakukan secara teratur tiap mandi pagi dan sore.

Cara kedua : 
Ambil beberapa helai daun muda jeruk nipis (kira-kira 10 helai) kemudian tumbuk sampai halus, dilumatkan kemudian konsumsi 3 kali sehari.

  • Pengobatan Batu Ginjal
Ambil 2 buah jeruk nipis kampung lalu peras, kemudian air perasannya tambahkan dengan dua gelas air hangat, diminum setiap setelah makan malam setiap hari selama 10 hari secara teratur.

  • Difteri
Dua buah jeruk nipis dicuci sampai bersih kemudian peras airnya, selanjutnya seduh dengan air panas dan tambahkan satu sendok makan madu. Gunakan dengan cara dikumur selama 2 menit waktu airnya masih hangat kemudian minum. lakukan hal tersebut tiga kali sehari.

  • Untuk Mengatasi Demam atau Flu
Cara pertama :
Ambil satu buah jeruk nipis seperti biasa cuci sampai bersih kemudian diperas tambahkan tiga siung bawang merah yang sudah dilumatkan dan satu sendok makan minyak kelapa selanjutnya ramuan tersebut dioleskan pada kening penderita demam.

Cara Kedua :
Satu buah jeruk nipis dipanggang sebentar lalu dipotong dan diperas, air perasannya campur dengan satu sendok makan madu kemudian minum sekaligus.

  • Membantu Memperlancar Haid
Buatlah 3 sendok makan air perasan jeruk nipis, tambahkan satu sendok makan madu dan dua gelas air panas kemudian aduk hingga rata. Minum tiga kali sehari selagi masih hangat.

  • Sehabis Melahirkan
Dua buah jeruk nipis kampung diperas kemudian air perasannya tambahkan dua sendok makan munyak kayu putih dan satu sendok makan kapur sirih, diaduk hingga rata kemudian balurkan pada perut selama tiga bulan setiap hari sehabis mandi. Hal ini dapat bermanfaat untuk menghindari keriput pada perut, tetap halus dan kempis seperti sebelumnya.

  • Menghilangkan Jerawat
Ambil satu buah jeruk nipis lalu diiris kemudian gosokan pada kulit wajah.

  • Mencegah Kerontokan Rambut dan Ketombe
Dua buah jeruk nipis potong menjadi tiga bagian, oles-oleskan pada kulit kepala hingga rata kemudian bungkus kepala dengan handuk selama semalaman dan keramas keesokan harinya. Lakukan tiga kali selama seminggu.

  • Melebatkan Rambut
Kocok satu buah kuning telur ayam kampung dengan tiga buah jeruk nipis kampung, kemudian gosokkan pada kulit kepala dan pijat pijat sampai merata, biarkan selama dua jam lalu bilas mengunakan shampo merang supaya rambut menjadi lebat dan mengkilap.

Shampo merang bisa dibuat dari satu ikat merang kemudian dibakar sampai jadi arang lalu rendam didalam air selama semalam. Saring dan shampo merang pun siap dipakai.

  • Menghentikan Kebiasaan Merokok
Isap irisan satu buah jeruk nipis kemudian minum air putih. Lakukanlah beberapa kali dalam sehari.

  • Vertigo
Ambil daun jeruk nipis sebanyak setengah genggam kemudian lumatkan. Tambahkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis kemudian gosokkan pada pelipis, tengkuk dan dahi. lakukan dua kali sehari.

  • Penderita Radang Tenggorokan
Peras tiga buah jeruk nipis masak kemudian air perasannya diseduh dengan setengah cangkir air panas, tambahkan juga satu sendok makan madu lalu diaduk sampai rata. Gunakan ramuan ini dengan berkumur selama 2 sampai 3 menit dan lakukan tiga kali sehari.

  • Lendir di Tenggorokan

Potong dua buah jeruk nipis lalu peras dan tampung pada gelas tampahkan juga sedikit garam kemudian aduk sampai rata dan minum.

  • Kurap atau Panu
Satu genggam akar landep dicuci sampai bersih kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis aduk hingga rata. setelah itu balurkan pada kulit yang terkena panu atau kurap dan balut bagian kulit tersebut dengan perban. Dua kali sehari ganti balutan perban sampai sembuh.

  • Deman atau Panas pada saat Malaria 
Siapkan tiga buah daun jeruk nipis dan daun kendal serta lima lembar daun prasman kemudian rebus dengan tiga gelas air sampai hanya tersisa satu gelas. Saring air hasil rebusan tersebut dan hasilnya dibagi dua untuk diminum pada pagi hari dan sore hari.

  • Terkilir
Ambil tiga buah jeruk nipis yang matang dan mempunyai kandungan air yang banyak kemudian potong jadi dua bagian lalu masukan ke dalam poci seduh dengan setengah cangkir air panas, tutup poci tersebut. Setelah dingin ambil buah jeruk nipisnya lalu peras dan saring air perasannya. Jangan lupa tambahkan juga minyak kayu putih sebanyak dua sendok makan dan minyak gandapura sebanyak dua sendok makan juga. Urut bagian yang cedera dengan ramuan tersebut dan setelah itu minum air kelapa hijau muda sebanyak 3/4 gelas dan lakukan sebanyak tiga kali sehari.

  • Pegal Linu
Ambil masing-masing 1/3 genggam daun ketepeng cina, daun sambiloto dan daun jeruk nipis, tambahkan sepuluh lembar daun sirih, akar pepaya sebanyak dua jari, dua jari akar kepayang, akar kelor sebanyak tiga jari dan sepuluh buah cabe rawit. Kesemua bahan tadi tumbuk sampai halus kemudian rendam pada alkohol sebanyak satu liter selama tujuh hari. Air hasil rendaman tadi dipakai untuk menggosok dan mengurut bagian yang sakit.

  • Sakit Gigi
Campur air jeruk nipis dengan gilingan lagetan warak dan gilingan akar kecubung hitam masing-masing banyaknya satu sendok makan lalu tambahkan juga 3/4 cangkir air garam kemudian aduklah sampai rata. Peras dan saring ramuan tersebut. Air hasil dari saringan ramuan tadi pakai dengan cara berkumur selama beberapa menit kemudian buang. Lakukan hal tersebut 4 sampai 6 kali sehari.

  • Melangsingkan Badan
Satu buah jeruk nipis diperas dan airnya dicampur ke dalam secangkir air teh hijau. Minum teratur setiap pagi dan sore setiap hari.

  • Menambah Stamina
Peras satu buah jeruk nipis, campurkan sebutir kuning telur ayam kampung dan sedikit irisan gula merah kemudian aduk hingga rata lalu minum ramuan tersebut sekali dalam seminggu.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Ambil dua puluh kuntum bunga dan tiga puluh helai daun jeruk nipis, lalu cuci hingga bersih dan tambahkan air perasan dari jeruk nipis sebanyak dua buah. Rebus ramuan tersebut dalam air sebanyak tiga gelas sampai tersisa 2 1/4 gelas. Saring setelah dingin tambahkan madu dan minum sebanyak 3/4 gelas tiga kali sehari dengan teratur lakukan setiap hari.

Itulah khasiat khasiat yang dapat ditemukan pada jeruk nipis yang bisa bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk hidup sehat itu banyak kita jumpai disekitar kita bahan bahannya.
Atas kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment