Home » , , , , , , , » Khasiat Lengkap Jeruk Bali Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Lengkap Jeruk Bali Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Jeruk Bali Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Jeruk bali merupakan tanaman jeruk yang mempunyai buah yang cukup besar. Bahkan diantara keluarga jeruk-jerukan atau marga citrus, buah jeruk bali merupakan terbesar dalam hal ukuran buahnya. Jeruk bali atau istilah asingnya pomelo dan mempunyai nama latin Citrus Grandis merupakan jenis tanaman yang mampu tumbuh dan beradaftasi di daerah kering dan mampu bertahan dari serangan hama CVPD (sejenis hama yang menyerang tanaman jeruk).

Jeruk Bali
Jeruk Bali


Nama jeruk bali ini sebenarnya tidak ada kaitan sama sekali dengan pulau bali, bahkan dalam hal perkembang biakannya tidak banyak dilakukan di bali. Sentra jeruk bali di Indonesia malahan terletak di pulau jawa yaitu di daerah kabupaten Magetan dan kabupaten Madiun. 

Buah jeruk bali ini memiliki isi seperti buah jeruk pada umumnya tetapi dalam ukuran buahnya jauh lebih besar dibanding dengan buah jeruk pada umumnya. Ukuran buah jeruk bali hampir sama dengan ukuran buah melon atau buah semangka.

 baca juga : Lengkap Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan nutrisi pada jeruk bali terdiri dari vitamin C, antioksidan, kalium, pectin dan lain sebagainya. Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada jeruk bali bisa dipastikan banyak pula khasiat yang dapat diambil dari jeruk bali tersebut. Khasiat-khasiat pada jeruk bali diantaranya adalah : 

  • Antioksidan
Kandungan antioksidan pada jeruk bali sangat efektif untuk mencegah masuknya radikal bebas. Seperti yang kita ketahui radikal bebas berdampak buruk bagi kesehatan tubuh karena radikal bebas merupakan penyebab utama dari berbagai macam penyakit.

  • Dapat membantu menyegarkan tubuh
Rasa asam dan manis pada kandungan air jeruk bali sangat baik untuk proses penyegaran tubuh apalagi ketika cuaca panas. Cukup minum jus jeruk bali tubuh pun akan terasa segar kembali.

  • Berkhasiat mengobati sariawan
Sama seperti buah jeruk yang lain pada umumnya yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk bali juga mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk bali sangat berkhasiat untuk menyembuhkan penderita sariawan.

  • Penyeimbang elektrolit dalam tubuh 
Selain kandungan vitamin C yang cukup tinggi, jeruk bali juga mempunyai kandungan vitamin A, kalium dan bioflavonoid. Senyawa-senyawa tersebut dapat berkhasiat dalam menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh dan juga berfungsi sebagai antikarsinogenik yang dapat menyehatkan prostat.

  • Berkhasiat untuk mencegah kanker
Kandungan kalium dalam jeruk bali dapat efektif dalam mencegah dan menangkal pertumbuhan sel sel kanker dalam tubuh.

  • Berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh
Pada jeruk bali mengandung suatu senyawa yang disebut pectin. Pectin ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh.

  • Berkhasiat dalam mencegah penyakit jantung
Selain berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat, kandungan pectin pada jeruk bali juga sangat berkhasiat untuk menjaga jantung tetap sehat. Sehingga dapat terhindar dari penyakit yang mematikan yaitu penyakit jantung.

  • Berkhasiat untuk membersihkan sel darah merah
Kandungan zat aktif pada jeruk bali sangat bagus dan efektif dalam membersihkan sel darah merah yang ada didalam tubuh. Selain itu zat aktif ini berkhasiat untuk mencegah timbulnya gejala anemia dan dapat juga meningkatkan kadar darah di dalam tubuh.

  • Berkhasiat untuk mengobati hipertensi
Bagi penderita hipertensi, jeruk bali sangat baik untuk kesehatan karena jeruk bali dipercaya dapat mengontrol tekanan darah di dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah pula.

  • Membantu menjaga daya tahan tubuh
Banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada jeruk bali sangat efektif dalam menjaga daya tahan tubuh untuk tetap fit. Dengan terjaganya sistem daya tahan tubuh maka akan terhindar dari segala macam penyakit, khususnya penyakit yang biasa menyerang sistem kekebalan tubuh contohnya batuk dan flu.

  • Berkhasiat sebagai anti bakteri dan anti inflamasi
Khasiat jeruk bali dapat menjadi zat anti bakteri dan zat anti inflamasi yang bermanfaat untuk terhindar dari peradangan dan terhindar dari penyakit yang penyebabnya adalah bakteri, seperti contohnya penyakit tipus.


  • Membantu memperbaiki sel sel tubuh yang rusak
Kandungan berbagai macam nutrisi pada jeruk bali berkhasiat untuk memperbaiki sel-sel rusak yang ada di dalam tubuh. Sehingga sangat baik untuk kesehatan khususnya kesehatan organ dalam tubuh.

  • Berkhasiat untuk organ pencernaan
Dalam khasiatnya untuk organ pencernaan, kandungan serat pada jeruk bali sangat bagus untuk menhindari terkenanya tubuh oleh penyakit penyakit yang mengganggu organ organ pencernaan. contohnya diare, sembelit, wasir dan lain sebagainya.

Itulah khasiat khasiat buah jeruk bali untuk kesehatan tubuh tapi selain untuk kesehatan tubuh, jeruk bali juga mempunyai khasiat khasiat untuk kecantikan. Khasiat-khasiat untuk kecantikan yang dapat diambil dari jeruk bali diantaranya adalah :

  • Berkhasiat untuk menghaluskan kulit
Kandungan-kandungan vitamin dan mineral di dalam jeruk bali sangat bermanfaat dan efektif untuk membantu menghaluskan dan menjaga kulit tetap sehat. Mengkonsumsi buah jeruk bali secara teratur dipercaya dapat menghaluskan kulit dan mencerahkan kulit.

  • Berkhasiat mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan yang sangat berkhasiat untuk menangkal radikal bebas pada jeruk bali juga sangat berkhasiat untuk mencegah timbulnya gejala penuaan dini. Seperti contohnya elastisitas kulit menjadi turun dan munculnya kerutan pada wajah.

Nah lengkap sudah khasiat khasiat yang dapat kita ambil dari jeruk bali bagi kesehatan dan kecantikan, semoga menjadi informasi dalam menjalankan hidup sehat secara alami dan tak lupa untuk kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat.


*dari berbagai sumber



0 komentar:

Post a Comment